Peran GIF dalam Evolusi Internet

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 16 Jun 2017 19:24 WIB
teknologiinternet
Peran GIF dalam Evolusi Internet
Sejarah GIF sepanjang sejarah internet.

Metrotvnews.com: Tiga dekade yang lalu, pada 15 Juni 1987, ekstensi file yang paling disukai dibuat oleh sebuah tim developer CompuServe dalam usahanya untuk mencari cara untuk melakukan kompresi gambar tanpa kehilangan data. GIF menjadi solusinya, sebuah file format yang simpel dan fleksibel untuk gambar dengan resolusi rendah.

Sekilas, mungkin terlihat aneh bagaimana GIF bisa bertahan begitu lama. Namun, seperti yang disebutkan oleh blog Enthusiasms, "cerita tentang bagaimana GIF berevolusi sama saja dengan cerita bagaimana internet berkembang." Menurut Vox, pada saat yang sama, perkembangan desain internet juga memengaruhi GIF. 

Era awal
Pada tahun 1990-an, internet dipenuhi dengan situs dengan desain yang mencolok. Banyak situs yang menggunakan wallpaper sebagai latar belakang situsnya, Comic Sans sebagai font tulisan dan terkadang ada tanda "Under Construction."



Netscape, peramban internet awal buatan Marc Andreessen sempat menjadi browser paling populer pada akhir 1994 sampai awal 1995, sebelum peramban lain bermunculan, seperti Internet Explorer, yang diluncurkan bersamaan dengan Windows 95 dan peramban seperti Firefox, yang kemudian menjadi penerus dari Netscape. 

Nasib GIF terkait erat dengan kesuksesan awal Netscape. Netscape adalah peramban pertama yang membiarkan pengguna untuk berinteraksi dengan gambar pada situs. Dengan kata lain, Anda bisa mengklik gambar untuk terhubung ke halaman lain atau mengakses informasi.

Saat Netscape Navigator 2.0 dirilis pada 1995, ia mendukung format GIF, termasuk animasi GIF. Jadilah GIF sebagai cara mudah untuk menghias situs. GIF, baik yang statis atau bergerak, tidak hanya simpel tapi mudah untuk didapatkan. Selain itu, jika dibandingkan dengan file format lain, GIF memiliki ukuran kecil dan memerlukan bandwidth kecil untuk diunduh.

Era awal GIF menunjukkan 2 hal penting tentang file format tersebut. Pertama, GIF mudah untuk disebarkan. Kedua, tidak peduli berapa banyak frame yang ada di dalamnya. ia bisa diputar dalam loop tanpa batas.

Era Tengah
Desain web mulai berubah pada awal 2000-an. GIF mulai jarang digunakan kecuali oleh para penggemar meme karena dianggap norak. Kemunculan animasi Flash, JavaScript dan tool lain yang lebih canggih untuk memasang video dan gambar di situs juga membuat GIF tidak lagi berguna. 

Pada pertengahan 2000-an, konsep Web 2.0 adalah pendekatan yang banyak digunakan untuk mendesain situs. Flash mulai jarang digunakan karena membutuhkan waktu lama untuk loading. Pada saat yang sama, era Web 2.0 merupakan waktu munculnya Google, Wikipedia dan platform media sosial pertama, yaitu MySpace, Facebook dan YouTube, yang muncul antara 2003 dan 2005.

Fokus dari desain web ketika itu adalah mengurangi jumlah Flash yang digunakan, membuat waktu memuat jadi lebih cepat dan membuat halaman web yang lebih cantik dan elegan. Smartphone mulai muncul pada 2005. Sistem operasi dan peramban yang belum terlalu canggih ketika itu membutuhkan desain web yang ringan dan portabel. Hal inilah yang membuat gerakan Web 2.0 fokus pada desain responsif antar-platform.

Pada 2004, paten lisensi dari kebanyakan GIF telah kadaluarsa. Ditambah dengan semakin tingginya permintaan untuk animasi yang lebih ringan untuk menggantikan Flash, maka GIF mulai kembali populer. Selain itu, proses mengedit GIF juga menjadi lebih canggih karena software editing seperti Photoshop semakin mudah didapatkan. Masyarakat mulai mengubah video menjadi format GIF untuk mempresentasikan video.

Era modern
Ketika era media sosial dimulai, GIF dapat ditemukan dimana-mana. Reddit, Twitter dan Tumblr, yang diluncurkan pada 2005, 2006 dan 2007 memiliki prean penting dalam membentuk budaya media sosial untuk menggunakan GIF, terutama Tumblr. Dalam media sosial ini, seseorang bisa mengunggah sekumpulan gambar hingga 10 gambar. GIF biasanya digunakan untuk menceritakan sebuah cerita atau kejadian dalam dunia nyata.

Awalnya, GIF bisa berupa gambar statis atau sekumpulan gambar statis yang diulang untuk jadi animasi. GIF bisa diulang hanya sekali atau diulang beberapa kali atau diulang terus-menerus. Sampai sekarang, GIF memang bisa dibuat agar tidak berulang. Namun, modern GIF biasanya akan dibuat berulang tanpa henti secara otomatis.



Sekarang, pengguna internet biasa pun bisa dengan mudah mengambil gambar di video atau gambar biasa untuk mengubahnya menjadi GIF. Biasanya, GIF digunakan untuk menunjukkan reaksi seseorang pada suatu kejadian.

GIF begitu sering digunakan sebagai alat untuk menunjukkan ekspresi media sosial sehingga platform media sosial modern kini mendukung pencarian GIF melalui platform GIF pihak ketiga seperti Giphy dan Gfycat. Sementara itu, smartphone juga banyak yang mendukung pengiriman GIF via SMS.

Bagaimana masa depan GIF?
Masa depan GIF ditentukan oleh bagaimana internet berubah. Satu hal penting yang harus diperhatikan adalah Tumbr, Twitter dan Reddit -- yang kini menjadi pendorong penggunaan GIF -- kesulitan untuk terus bertahan.

Namun, tampaknya GIF akan tetap bertahan. Secara teknologi, ia portabel dan tahan lama. Hal yang paling penting, GIF memungkinkan pengguna mengekspresikan diri dan menyenangkan untuk digunakan.


(MMI)

Lenovo K6 Power, Saat Baterai adalah Segalanya
Review Smartphone

Lenovo K6 Power, Saat Baterai adalah Segalanya

5 days Ago

Melihat sepak terjang Lenovo selama ini, mereka tampaknya sadar betul bahwa konsumen Indonesia …

BERITA LAINNYA
Video /