Sadar Teknologi, Perempuan Lebih Suka Belanja Online

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 16 Jun 2017 10:11 WIB
opera software
Sadar Teknologi, Perempuan Lebih Suka Belanja Online
Penggunaan peramban mobile oleh perempuan sama dengan penggunaan laki-laki.

Metrotvnews.com, Jakarta: Emansipasi yang diperjuangkan sejumlah pahlawan termasuk RA Kartini kini didukung oleh perkembangan di ranah digital di Indonesia. Dukungan tersebut terlihat dari survei Mobile Browser Satisfactory Index yang dilakukan Opera Software.

Dalam survei Mobile Browser Satisfactory Index yang dilakukan di Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Medan dan Makassar tersebut, jumlah penggunaan peramban mobile oleh perempuan sama dengan laki-laki.

Survei tersebut dilakukan pada 420 responden dengan rentang usia dari 18 hingga 25 tahun. Survei tersebut mencatat sebanyak 60 persen responden perempuan mengakses mobile browser lebih dari delapan kali sehari untuk melakukan berbagai macam aktivitas online.

Responden perempuan pada survei ini juga dilaporkan memiliki ketertarikan pada aktivitas belanja online lebih tinggi jika dibandingkan dengan responden laki-laki, dengn presentase sebesar 37 persen.

Namun, tidak hanya responden laki-laki, responden perempuan pun lebih memilih untuk menggunakan aplikasi peramban default bawaan perangkat mereka. Hasil survei tersebut menunjukan hanya 1 dari 10 pengguna smartphone yang menggunakan browser default perangkat.

Responden perempuan juga tercatat membeli paket data dengan kuota berkapasitas sama besarnya dengan responden laki-laki. Sebesar 50 persen responden perempuan membeli paket data berkapasitas 5GB, sementara hanya 47 persen laki-laki melakukan hal serupa.

Selain itu, responden perempuan dan laki-laki juga tercatat sama-sama ingin menghemat data saat menjelajahi internet. Responden turut memanfaatkan fitur ad-block untuk mencegah iklan menutupi layar saat menikmati konten di peramban.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.