Kaspersky Tarik Tuntutan Terhadap Microsoft

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 11 Aug 2017 15:04 WIB
microsoftkaspersky
Kaspersky Tarik Tuntutan Terhadap Microsoft
Kaspersky telah cabut tuntutannya pada Microsoft. (FOTO ANTARA / Audy Alw)

Metrotvnews.com: Kaspersky Lab berkata bahwa mereka akan menarik protes antitrust yang mereka buat di Eropa terhadap Microsoft setelah perusahaan teknologi asal Amerika Serikat itu setuju untuk mengubah cara mereka merilis update keamanan pada para pengguna Windows. 

Reuters melaporkan, dua perusahaan tersebut secara bersamaan mengumumkan keputusan ini setelah pertarungan legal yang telah berlangsung selama hampir 1 tahun. Kaspersky menuduh Microsoft telah secara tidak adil mempersulit penggunaan software keamanan buatan perusahaan pihak ketiga pada Windows 10. 

Pada bulan Juni, Kaspersky Lab menuduh Microsoft menyalahgunakan kekuasaannya sebagai pemimpin pasar di industri komputer untuk melukai bisnis penyedia antivirus dengan caranya mendistribusikan software antivirus miliknya sendiri, Windows Defender, di Windows 10. 

Ketika itu, pendiri Kaspersky Lab, Eugene Kaspersky berkata bahwa Microsoft telah menonaktifkan software antivirus milik Kaspersky ketika pengguna memasang Windows 10, memaksa mereka menggunakan Defender, yang menurut Kaspersky adalah produk dengan kualitas yang lebih rendah.

Microsoft membantah bahwa mereka telah melanggar peraturan terkait antitrust dan berkata bahwa tujuan mereka adalah untuk melindungi pengguna Windows 10 dari ancaman siber. 

Dalam sebuah blog post, Microsoft berkata bahwa mereka akan menjalin kerja sama yang lebih erat dengan para vendor antivirus sebelum update software akan diluncurkan dengan tujuan meminimalisir masalah kompatibilitas. 

Perusahaan asal Redmond itu berkata, mereka juga akan mengizinkan penyedia antivirus untuk meluncurkan notifikasi dan peringatan mereka sendiri pada pelanggan sebelum dan setelah masa berlangganan software antivirus pengguna habis. Selain itu, mereka juga akan memberikan vendor kepastian yang lebih jelas terkait jadwal rilis update mereka.

Dalam sebuah pernyataan resmi, Kaspersky berkata, pendekatan Microsoft ini telah menyelesaikan masalah yang mereka angkat ke Badan Federal Antimonopoli rusia dan menyebutkan, mereka akan mengambil "semua langkah yang diperlukan" untuk menarik kembali tuntutan yang mereka buat pada Komisi Eropa dan regulator kompetisi nasional Jerman. 


(MMI)

Video /