Tiongkok Alami Penurunan Distribusi Ponsel Paruh Pertama 2017

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 10 Aug 2017 10:50 WIB
smartphonetiongkok
Tiongkok Alami Penurunan Distribusi Ponsel Paruh Pertama 2017
Pendistibusian smartphone di Tiongkok pada pertengahan tahun pertama 2017 mengalami penurunan.

Metrotvnews.com: Sigmaintell Consulting merilis data penelitiannya terkait pendistribusian smartphone di pasar Tiongkok untuk pertengahan tahun pertama 2017. Data tersebut menampilkan pendistribusian smartphone mencapai 230 juta unit.

Jumlah tersebut tercatat 1,4 persen lebih rendah jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2016 lalu. Vendor berbasis di Tiongkok ini telah mengirimkan sebanyak 290 juta unit ponsel, namun angka ini tercatat 6,2 persen lebih rendah jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Mengalami penuruan pengiriman di Tiongkok untuk seluruh vendor, Huawei, Oppo, Vivo dan Xiaomi dinilai mengalami nasib berbeda di pasar di luar Tiongkok. Hal ini dilaporkan GSM Arena, berkat peningkatan hardware, serta cara promosi dan penjualan perangkat lebih baik.

Untuk layar, ponsel dengan panel LCD in-cell tercatat didistribusikan sebanyak 71 juta unit, dengan 25 juta di antaranya merupakan perangkat bermerek Huawei. Pendistribusian ponsel berpanel layar AMOLED menurun 13,8 persen menjadi 37,4 juta unit.

Alasan penurunan signifikan tersebut dilaporkan akibat perubahan pada proses produksi Oppo, ke smartphone dengan panel in-cell. Bersamaan dengan anak perusahaan BKK lain, yaitu Vivo, kedua perusahaan tersebut merajai pendistribusian smartphone AMOLED di Tiongkok sebesar 71 persen.

Permintaan untuk panel LED masih dinilai baik, demikian juga dengan panel LCD in-cell dan LTPS setelah sejumlah vendor mengadopsi rasio layar 18:9, yang menggunakan lapisan kaca di bagian atas panel tersebut.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.