Ikut Huawei, Samsung Garap Prosesor Kecerdasan Buatan

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 26 Sep 2017 09:56 WIB
samsung
Ikut Huawei, Samsung Garap Prosesor Kecerdasan Buatan
Samsung dilaporka tengah mengembangkan chipset prosesor dengan dukungan teknologi kecerdasan buatan.

Metrotvnews.com: Teknologi Artificial Intelligence (AI) menjadi hal yang diprediksi sejumlah pengamat industri teknologi akan berkembang pesat di masa mendatang. Prediksi tersebut turut didorong oleh partisipasi sejumlah perusahaan besar dalam pengembangan teknologi ini sebagai langkah awal persiapan berkompetisi.

Dan Samsung merupakan perusahaan teknologi besar yang turut berkecimpung di ranah ini, setelah memperkenalkan asisten virtual karyanya, yaitu Bixby. Namun saat ini, asisten digital Samsung tersebut baru dapat dimanfaatkan secara penuh pada perangkat Galaxy S8 dan Galaxy Note 8.

Sementara itu, Samsung saat ini tengah mengembangkan sejumlah tipe chipset pemrosesan dengan dukungan teknologi AI. Perbedaan penting antara sejumlah chipset tersebut dengan solusi yang tersedia saat ini terletak pada kemampuan untuk mengaktifkan pemprosesan data offline.

Kemampuan tersebut juga dapat diartikan sebagai kemampuan untuk melakukan kalkulasi secara langsung di perangkat dengan sendirinya. Hal ini juga berarti, chipset mampu bekerja tanpa harus mengirim data input ke Samsung terlebih dahulu untuk diproses.

Hal ini serupa dengan kemampuan yang dibekali Huawei pada chipset prosesor karyanya yang telah mendukung smartphone terbarunya, Kirin 970. Huawei merupakan kompetitor utama Samsung baik di pasar smartphone maupun di pasar komponen.

Chipset Samsung tersebut diperkirakan mendukung Bixby, dan berpeluang untuk dipasarkan kepada perusahaan lain. Seorang sumber yang dikutip The Korean Herald turut menyebut Samsung berencana untuk mengomersialisasikan chipset ini dalam beberapa tahun mendatang.

Dalam kesempatan terpisah, pada peluncuran resmi Galaxy Note 8 di Indonesia, Samsung menyebut perusahaannya masih menguasai 70 persen dari smartphone premium di Indonesia. Segmen premium juga dinilai penting bagi Samsung, karena didukung teknologi canggih yang memberikan pengalaman berbeda dari smartphone lain.


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /