Ikut Huawei, Samsung Garap Prosesor Kecerdasan Buatan

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 26 Sep 2017 09:56 WIB
samsung
Ikut Huawei, Samsung Garap Prosesor Kecerdasan Buatan
Samsung dilaporka tengah mengembangkan chipset prosesor dengan dukungan teknologi kecerdasan buatan.

Metrotvnews.com: Teknologi Artificial Intelligence (AI) menjadi hal yang diprediksi sejumlah pengamat industri teknologi akan berkembang pesat di masa mendatang. Prediksi tersebut turut didorong oleh partisipasi sejumlah perusahaan besar dalam pengembangan teknologi ini sebagai langkah awal persiapan berkompetisi.

Dan Samsung merupakan perusahaan teknologi besar yang turut berkecimpung di ranah ini, setelah memperkenalkan asisten virtual karyanya, yaitu Bixby. Namun saat ini, asisten digital Samsung tersebut baru dapat dimanfaatkan secara penuh pada perangkat Galaxy S8 dan Galaxy Note 8.

Sementara itu, Samsung saat ini tengah mengembangkan sejumlah tipe chipset pemrosesan dengan dukungan teknologi AI. Perbedaan penting antara sejumlah chipset tersebut dengan solusi yang tersedia saat ini terletak pada kemampuan untuk mengaktifkan pemprosesan data offline.

Kemampuan tersebut juga dapat diartikan sebagai kemampuan untuk melakukan kalkulasi secara langsung di perangkat dengan sendirinya. Hal ini juga berarti, chipset mampu bekerja tanpa harus mengirim data input ke Samsung terlebih dahulu untuk diproses.

Hal ini serupa dengan kemampuan yang dibekali Huawei pada chipset prosesor karyanya yang telah mendukung smartphone terbarunya, Kirin 970. Huawei merupakan kompetitor utama Samsung baik di pasar smartphone maupun di pasar komponen.

Chipset Samsung tersebut diperkirakan mendukung Bixby, dan berpeluang untuk dipasarkan kepada perusahaan lain. Seorang sumber yang dikutip The Korean Herald turut menyebut Samsung berencana untuk mengomersialisasikan chipset ini dalam beberapa tahun mendatang.

Dalam kesempatan terpisah, pada peluncuran resmi Galaxy Note 8 di Indonesia, Samsung menyebut perusahaannya masih menguasai 70 persen dari smartphone premium di Indonesia. Segmen premium juga dinilai penting bagi Samsung, karena didukung teknologi canggih yang memberikan pengalaman berbeda dari smartphone lain.


(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.