Ada WhatsApp Palsu, Sudah Diunduh 1 Juta Kali

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 09 Nov 2017 12:09 WIB
whatsappcyber security
Ada WhatsApp Palsu, Sudah Diunduh 1 Juta Kali
Ada WhatsApp palsu di Play Store. (AFP PHOTO / Lionel BONAVENTURE)

Metrotvnews.com: Saat ini, kita tidak hanya dikelilingi oleh hoaks, berita palsu dan malware, tapi juga aplikasi palsu. Sebuah aplikasi palsu di Android menyamarkan dirinya sebagai aplikasi pengirim pesan populer, WhatsApp. Aplikasi itu sudah diunduh lebih dari 1 juta kali di Google Play Store. 

Aplikasi itu bisa menipu banyak orang karena ia memang terlihat sangat mirip dengan aslinya. Aplikasi itu tidak hanya dinamakan "Update WhatsApp Messenger", nama pengembangnya pun tertulis "WhatsApp Inc."

Mashable menyebutkan, nama aplikasi itu sempat diganti sebelum dihapus, menurut pengguna forum internet Reddit yang menyadari kejanggalan dari aplikasi itu dan melaporkannya. 
 
Aplikasi palsu itu dipenuhi dengan iklan. Tidak hanya itu, ia juga memiliki kode untuk mengunduh software lain ke perangkat pengguna. Namun, bagaimana bisa sang pengembang aplikasi palsu itu memasukkan aplikasinya ke Google Play tanpa disadari?

Para developer aplikasi palsu itu tampaknya menggunakan nama "WhatsApp Inc." dan mengganti bagian spasi dengan karakter unicode khusus yang terlihat seperti sebuah spasi. 

Di bawah ini adalah gambar perbandingan kode WhatsApp yang asli (atas) dan yang palsu (bawah).




(MMI)

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie
Review Smartphone

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie

1 day Ago

Vivo V7 Plus kembali mengunggulkan kemampuan kamera depan, yang diklaim mampu memanjakan penggu…

BERITA LAINNYA
Video /