Didera Masalah, Facebook Tetap Alami Lonjakan Pengguna dan Pendapatan

Cahyandaru Kuncorojati    •    Kamis, 02 Nov 2017 19:18 WIB
facebook
Didera Masalah, Facebook Tetap Alami Lonjakan Pengguna dan Pendapatan
Facebook masih bertahan sebagai aplikasi media sosial yang paling banyak dipergunakan di dunia.

Metrotvnews.com: Posisi Facebook di Amerika Serikat tampak kurang beruntung, sebab layanan media sosial itu dianggap jadi biang keladi utama masuknya interupsi Rusia terhadap kestabilan politik di negara tersebut.

Meskipun demikian, rupanya Facebook tetap masih bisa berjaya sebagai layanan media sosial yang paling banyak digunakan di dunia. Berdasarkan laporan kuartal ke-3 Facebook yang dikutip oleh TechCrunch, Facebook masih berhasil mengumpulkan pendapatan dan angka pengguna yang memuaskan.

Facebook mengumumkan bahwa profit bisnis mereka meningkat 79 persen dari kuartal yang sama tahun lalu menjadi USD4,7 miliar. Total pendapatan yang terkumpul hingga kuartal ke-3 kali ini menjadi sebesar USD10,3 miliar.



Lonjakan yang cukup signifikan juga terlihat pada jumlah pengguna aktif harian dan bulanan dari layanan Facebook. Jumlah pengguna Facebook dibagi menjadi 4 kategori, mulai dari pengguna di wilayah AS-Kanada, Eropa, Asia-Pasifik, dan sisanya lain-lain atau campuran.

Pada jumlah pengguna aktif bulanan Facebook mengalami peningkatan jumlah sebeanyak 3,19 persen dari kuartal sebelumnya. Tercatat Facebook berhasil mengantongi jumlah pengguna aktif bulanan sebanyak 2,1 miliar. 

Komposisi jumlah pengguna tersebut didominasi oleh pengguna dari dari wilayah Asia-Pasifik, baru disusul pengguna dari wilayah Eropa dan AS-Kanada. Kondisi yang sama juga ditemukan pada jumlah pengguna aktif harian Facebook yang mencapai 1,4 miliar pengguna yang didominasi oleh pengguna dari wilayah Asia-Pasifik.



Facebook bukan satu-satunya layanan milik Mark Zuckerberg yang membuatnya berbangga di kuartal ke-3. Instagram dan WhatsApp juga semakin populer. Zuckerberg dalam pengumumannya menyebutkan fitur Instagram Stories dan WhatsApp status kini berhasil mengantongi jumlah pengguna aktif harian sebanyak 300 juta pengguna. 

Angka tersebut membuat dua aplikasi yang dianggap meniru fitur Snapchat tersebut memiliki jumlah pengguna dua kali lipat ketimbang jumlah pengguna Snapchat. yang kuartal ke-2 tahun ini hanya berhasil mengumpulkan 173 juta pengguna aktif harian.


(MMI)

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD
Review Smartphone

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD

1 week Ago

Nokia 2 merupakan smartphone kelas pemula dari HMD. Ini ulasan tentang kelebihan dan kelemahann…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.