Telkomsel Tentukan 20 Finalis The NextDev

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Sabtu, 28 Oct 2017 11:35 WIB
telkomseltelekomunikasistartup
Telkomsel Tentukan 20 Finalis The NextDev
Acara pemilihan 20 finalis The NextDev.

Metrotvnews.com, Jakarta: Telkomsel mengumumkan 20 peserta yang masuk babak final dari The NextDev 2017. Dua puluh peserta tersebut disaring dari sekitar 1.700 peserta lain. 

“Momen Sumpah Pemuda tahun ini kami gunakan untuk mempertegas kembali tema The NextDev yaitu ‘Karya Anak Bangsa untuk Solusi Indonesia’. Dua puluh finalis yang kami umumkan hari ini adalah anak-anak muda Indonesia yang berkarya dan berkreasi memanfaatkan teknologi, guna memberikan dampak sosial positif di tengah-tengah masyarakat," kata Vice President Corporate Communications Telkomsel, Adita Irawati. 

Adita menyebutkan, para peserta The NextDev tidak hanya datang dari Jakarta, tapi dari Aceh hingga Jayapura. Ini adalah kabar baik bagi Telkomsel, karena ini merupakan bukti bahwa ekosistem digital tidak hanya tumbuh di kota besar, tapi juga di seluruh Indonesia. 

Sebelum memilih 20 finalis yang maju ke babak final, para juri memilih 100 aplikasi terbaik terlebih dulu. Kemudian, Telkomsel memilih 20 peserta terbaik yang dinilai berdasarkan 5 kriteria: problem, solution, business model, readiness level dan visualization.

Dalam karakteristik problem, peserta dinilai berdasar konteks masalah sosial yang ingin dipecahkan, sementara solution menilai bagaimana aplikasi buatan peserta bisa menjadi solusi dari masalah yang ingin dipecahkan.

Sisi business model menilai apakah startup peserta memiliki potensi untuk bertahan dan berlanjut di masa depan. Melalui komponen readiness level, Telkomsel menilai kesiapan aplikasi buatan peserta. Sementara nilai visualization ditentukan oleh pitch deck dan prototipe dari aplikasi.

Dua puluh peserta terpilih ini akan ikut serta dalam kegiatan mini bootcamp yang diadakan pada 19 November. Di sini, mereka akan kembali belajar tentang teknis UI/UX, cara masuk ke pasar dan cara melakukan pitching.

Setelah itu, mereka akan diminta untuk melakukan final pitching di hadapan para juri. Kemudian, mereka akan ikut serta dalam Investor Meet Up. Dalam acara itu, mereka akan bisa berinteraksi dengan para investor. 

“Kami berharap finalis-finalis yang lolos ke tahap top 20 The NextDev 2017 ini dapat menjadi inspirasi bagi lebih banyak lagi anak muda Indonesia dimanapun mereka berada. Ini adalah anak-anak muda yang mampu mewujudkan imajinasi dan ide mereka melalui pemanfaatan teknologi yang positif untuk membentuk masa depan Indonesia yang lebih baik,” kata Adita.


(MMI)