Telkomsel Tentukan 20 Finalis The NextDev

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Sabtu, 28 Oct 2017 11:35 WIB
telkomseltelekomunikasistartup
Telkomsel Tentukan 20 Finalis The NextDev
Acara pemilihan 20 finalis The NextDev.

Metrotvnews.com, Jakarta: Telkomsel mengumumkan 20 peserta yang masuk babak final dari The NextDev 2017. Dua puluh peserta tersebut disaring dari sekitar 1.700 peserta lain. 

“Momen Sumpah Pemuda tahun ini kami gunakan untuk mempertegas kembali tema The NextDev yaitu ‘Karya Anak Bangsa untuk Solusi Indonesia’. Dua puluh finalis yang kami umumkan hari ini adalah anak-anak muda Indonesia yang berkarya dan berkreasi memanfaatkan teknologi, guna memberikan dampak sosial positif di tengah-tengah masyarakat," kata Vice President Corporate Communications Telkomsel, Adita Irawati. 

Adita menyebutkan, para peserta The NextDev tidak hanya datang dari Jakarta, tapi dari Aceh hingga Jayapura. Ini adalah kabar baik bagi Telkomsel, karena ini merupakan bukti bahwa ekosistem digital tidak hanya tumbuh di kota besar, tapi juga di seluruh Indonesia. 

Sebelum memilih 20 finalis yang maju ke babak final, para juri memilih 100 aplikasi terbaik terlebih dulu. Kemudian, Telkomsel memilih 20 peserta terbaik yang dinilai berdasarkan 5 kriteria: problem, solution, business model, readiness level dan visualization.

Dalam karakteristik problem, peserta dinilai berdasar konteks masalah sosial yang ingin dipecahkan, sementara solution menilai bagaimana aplikasi buatan peserta bisa menjadi solusi dari masalah yang ingin dipecahkan.

Sisi business model menilai apakah startup peserta memiliki potensi untuk bertahan dan berlanjut di masa depan. Melalui komponen readiness level, Telkomsel menilai kesiapan aplikasi buatan peserta. Sementara nilai visualization ditentukan oleh pitch deck dan prototipe dari aplikasi.

Dua puluh peserta terpilih ini akan ikut serta dalam kegiatan mini bootcamp yang diadakan pada 19 November. Di sini, mereka akan kembali belajar tentang teknis UI/UX, cara masuk ke pasar dan cara melakukan pitching.

Setelah itu, mereka akan diminta untuk melakukan final pitching di hadapan para juri. Kemudian, mereka akan ikut serta dalam Investor Meet Up. Dalam acara itu, mereka akan bisa berinteraksi dengan para investor. 

“Kami berharap finalis-finalis yang lolos ke tahap top 20 The NextDev 2017 ini dapat menjadi inspirasi bagi lebih banyak lagi anak muda Indonesia dimanapun mereka berada. Ini adalah anak-anak muda yang mampu mewujudkan imajinasi dan ide mereka melalui pemanfaatan teknologi yang positif untuk membentuk masa depan Indonesia yang lebih baik,” kata Adita.


(MMI)

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD
Review Smartphone

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD

1 week Ago

Nokia 2 merupakan smartphone kelas pemula dari HMD. Ini ulasan tentang kelebihan dan kelemahann…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.