Microsoft Luncurkan Tablet Lipat pada Tahun 2018

Lufthi Anggraeni    •    Minggu, 29 Oct 2017 14:47 WIB
microsoft
Microsoft Luncurkan Tablet Lipat pada Tahun 2018
Microsoft dilaporkan tengah mengembangkan tablet berdesain lipat pada lini Surface.

Metrotvnews.com: Mengalami kegagalan di bidang smartphone, sistem operasi karya Microsoft yaitu Windows 10 Mobile mengalami masa akhir siklus hidupnya. Namun, beredar satu rumor yang mengindikasikan sistem operasi ini masih menolak untuk sepenuhnya mengakhiri siklusnya.

Rumor terbaru tersebut menyebut Microsoft tengah mengembangkan perangkat tablet Surface yang mengusung desain lipat. Windows Central melaporkan perangkat tersebut masih dalam format prototipe dan mengusung kodenama Andromeda.

Perangkat berkodenama Andromeda tersebut berupa tablet atau smartphone hibrida, berbeda dari tablet lipat karya ZTE Axon M. Sejumlah pendaftaran paten Microsoft menjadi subyek yang sangat membantu dalam menampilkan arah rencana Microsoft tersebut.

Namun, laporan terbaru menyebut perangkat ini akan dilengkapi dengan kemampuan telepon, meski bukan sebagai fokus dalam pengalaman pengguna. Microsoft akan menghadirkan perangkat serupa notebook virtual, dengan menekankan pada teknologi tinta digital.

Sejumlah prototipe dilaporkan membuka peluang untuk aplikasi pencatatan khusus yang dirancang untuk menjadikan perangkat tampil seperti notebook fisik. Konten pada perangkat ini direncanakan akan disinkronisasikan dengan layanan OneNote milik Microsoft.

Andromeda juga didukung prosesor ARM dengan arsitektur serupa dengan prosesor yang mendukung smartphone. Andromeda akan menggunakan sistem operasi Windows 10, dan Microsoft dilaporkan tidak berupaya untuk memasarkan perangkat tersebut sebagai alternatif tablet atau smartphone.

Miccrosoft berupaya menghadirkan kategori baru di perangkat pencatatan digital, dan desain tersebut dinilai sesuai untuk kategori tersebut. Perangkat ini diperkirakan memiliki peluang untuk target pasar enterprise, sekolah, dan sebagainya.


(MMI)