Saingi Dubai, Bill Gates Ingin Ciptakan Kota Pintar di Tengah Gurun

Cahyandaru Kuncorojati    •    Selasa, 14 Nov 2017 14:29 WIB
teknologi
Saingi Dubai, Bill Gates Ingin Ciptakan Kota Pintar di Tengah Gurun
Bill Gates saat menjadi pembicara di World Economic Forum beberapa waktu lalu.

Metrotvnews.com: Uni Emirat Arab bukan satu-satunya yang ingin menyulap kawasan gurun menjadi sebuah kota masa depan. Baru ini miliarder sekaligus pendiri Microsoft Bill Gates akan membangun kota pintar atau smart city di kawasan Arizona, AS.

Dikabarkan oleh CNET, Bill Gates telah membeli tanah seluas 25.000 acre atau sekitar 10.000 hektar di kawasan Arizona, yang merupakan wilayah dengan kondisi geografis cukup gersang seperti gurun.

Pembelian tersebut dilakukan oleh perusahaan investasi Belmont Partners yang juga berada di bawah naungan Bill Gates.

Bill Gates akan menggelontorkan dana sebesar USD80 juta untuk tahap awal pengembangan kota pintar yang akan diberi nama Belmont. Nantinya akan dilakukan pembangunan pemukiman, fasilitas komunitas, dan layanan publik yang seluruh aspeknya sudah menggunakan teknologi terkini.

Berdasarkan data yang disebutkan oleh media lokal di Arizona, 3.800 acre dari kawasan tersebut akan diperuntukan bagi kawasan perkantoran, komersial, dan ritel. 470 acre akan dibangun untuk kawasan sekolah, dan 3.400 acre akan disediakan untuk ruangan terbuka Tidak kurang dari 80.000 rumah akan tersedia dinkota baru tersebut.

Dalam rilis yang dibagikan Manager dari Belmont Partners, Larry Yount, menjelaskan ide dari kota pintar yang ingin dikembangan oleh Bill Gates beserta perusahaannya. Belmont digambarkan akan menjadi nilai bagi Arizona untuk menjadi pemimpine tren tata kota dan pengembangan pemukiman urband di Amerika. 

Dia juga sedikit menggambarkan kecanggihan kota pintar tersebut. Misalnya penggunaan teknologi tenaga solar untuk menghidupi kota tersebut, tempat uji coba kendaraan otonom, jaringan internet serta mampu menghasilkan data dan memiliki pusat data.

Banyak pihak di Amerika Serikat yang snagat mengapresiasi serta tertarik bekerjasama dalam pengembangannya. Apabila Belmont terwujud maka kota ini akan jadi model kota pintar pertama yang benar-benar dibangun dari nol. 


(MMI)

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie
Review Smartphone

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie

11 hours Ago

Vivo V7 Plus kembali mengunggulkan kemampuan kamera depan, yang diklaim mampu memanjakan penggu…

BERITA LAINNYA
Video /