Saingi Dubai, Bill Gates Ingin Ciptakan Kota Pintar di Tengah Gurun

Cahyandaru Kuncorojati    •    Selasa, 14 Nov 2017 14:29 WIB
teknologi
Saingi Dubai, Bill Gates Ingin Ciptakan Kota Pintar di Tengah Gurun
Bill Gates saat menjadi pembicara di World Economic Forum beberapa waktu lalu.

Metrotvnews.com: Uni Emirat Arab bukan satu-satunya yang ingin menyulap kawasan gurun menjadi sebuah kota masa depan. Baru ini miliarder sekaligus pendiri Microsoft Bill Gates akan membangun kota pintar atau smart city di kawasan Arizona, AS.

Dikabarkan oleh CNET, Bill Gates telah membeli tanah seluas 25.000 acre atau sekitar 10.000 hektar di kawasan Arizona, yang merupakan wilayah dengan kondisi geografis cukup gersang seperti gurun.

Pembelian tersebut dilakukan oleh perusahaan investasi Belmont Partners yang juga berada di bawah naungan Bill Gates.

Bill Gates akan menggelontorkan dana sebesar USD80 juta untuk tahap awal pengembangan kota pintar yang akan diberi nama Belmont. Nantinya akan dilakukan pembangunan pemukiman, fasilitas komunitas, dan layanan publik yang seluruh aspeknya sudah menggunakan teknologi terkini.

Berdasarkan data yang disebutkan oleh media lokal di Arizona, 3.800 acre dari kawasan tersebut akan diperuntukan bagi kawasan perkantoran, komersial, dan ritel. 470 acre akan dibangun untuk kawasan sekolah, dan 3.400 acre akan disediakan untuk ruangan terbuka Tidak kurang dari 80.000 rumah akan tersedia dinkota baru tersebut.

Dalam rilis yang dibagikan Manager dari Belmont Partners, Larry Yount, menjelaskan ide dari kota pintar yang ingin dikembangan oleh Bill Gates beserta perusahaannya. Belmont digambarkan akan menjadi nilai bagi Arizona untuk menjadi pemimpine tren tata kota dan pengembangan pemukiman urband di Amerika. 

Dia juga sedikit menggambarkan kecanggihan kota pintar tersebut. Misalnya penggunaan teknologi tenaga solar untuk menghidupi kota tersebut, tempat uji coba kendaraan otonom, jaringan internet serta mampu menghasilkan data dan memiliki pusat data.

Banyak pihak di Amerika Serikat yang snagat mengapresiasi serta tertarik bekerjasama dalam pengembangannya. Apabila Belmont terwujud maka kota ini akan jadi model kota pintar pertama yang benar-benar dibangun dari nol. 


(MMI)

Lenovo Thinkpad X1 Teranyar Muncul di CES 2018
CES 2018

Lenovo Thinkpad X1 Teranyar Muncul di CES 2018

1 day Ago

Lenovo perkenalkan keluarga baru ThinkPad X1 yang terdiri dari tiga jenis perangkat sekaligus d…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.