Ini Ponsel yang akan Kompatibel dengan 5G pada 2019

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 09 Feb 2018 14:04 WIB
telekomunikasiqualcomm
Ini Ponsel yang akan Kompatibel dengan 5G pada 2019
Ilustrasi. (Kirill Wright/Shutterstock)

Jakarta: Spesifikasi standar untuk 5G telah disetujui asosiasi telekomunikasi 3GPP dua bulan lalu. Sejak saat itu, perusahaan-perusahaan terkait berlomba-lomba untuk meluncurkan 5G.

Hari ini, Qualcomm mengumumkan dua hal yang menunjukkan bahwa 5G yang bisa digunakan akan tiba sebentar lagi. 

Pertama, mereka baru saja mengumumkan perusahaan-perusahaan elektronik konsumen yang telah berkomitmen untuk membuat perangkat mobile yang kompatibel dengan 5G pada 2019.

Modem yang akan digunakan adalah X50 5G dari Qualcomm. Beberapa perusahaan yang disebutkan oleh Qualcomm antara lain LG, Sony Mobile, HTC, ASUS, Xiaomi, ZTE dan lain sebagainya, lapor Engadget

Selain itu, bulan lalu, Samsung juga mengumumkan kerja sama dengan Qualcomm untuk mengembangkan teknologi 5G dalam beberapa tahun ke depan. Meskipun sudah ada perangkat yang kompatibel dengan 5G, tapi jika jaringan itu sendiri belum disediakan oleh operator, maka perangkat itu akan sia-sia. 

Untungnya, Qualcomm juga mengumumkan 18 operator telekomunikasi di dunia yang siap untuk menguji jaringan 5G. Di Amerika Serikat, operator yang siap untuk menguji 5G adalah AT&T, Verizon dan Sprint.

Selain itu, Vodafone (Inggris), Telstra (Australia), Deutsche Telekom (Jerman), NTT Docomo (Jepang) dan China Mobile (Tiongkok) juga akan ikut bekerja sama dengan Qualcomm. 

Ada beberapa perusahaan besar yang tidak ikut dalam kerja sama dengan Qualcomm. Salah satunya adalah Huawei, yang berencana untuk membuat chipset 5G mereka sendiri. Selain itu, Apple juga tidak bekerja sama dengan Qualcomm.

Mengingat keduanya tengah sibuk untuk saling menuntut satu sama lain di pengadilan, itu bukanlah hal yang aneh. 

Pengumuman Qualcomm menunjukkan bahwa baik pembuat smartphone atau operator akan berlomba-lomba untuk meluncurkan layanan 5G pada 2019. 


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.