Hacker Rusia Curi Dokumen Keamanan Siber NSA?

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 06 Oct 2017 11:05 WIB
amerika serikatrusiacyber security
Hacker Rusia Curi Dokumen Keamanan Siber NSA?
Rusia dikabarkan bisa mencuri dokumen keamanan siber NSA. (AFP PHOTO / Vasily MAXIMOV)

Metrotvnews.com: Hacker asal Rusia dikabarkan telah mencuri dokumen terkait keamanan siber dari badan-badan Amerika Serikat.

Dokumen ini menjelaskan bagaimana mereka melindungi jaringan mereka dari serangan siber, bagaimana mereka menyerang jaringan negara lain, dan kode komputer yang mereka gunakan untuk itu, lapor Wall Street Journal

Narasumber menyebutkan, para hacker itu mendapatkan kode ini dari software keamanan buatan Kaspersky yang digunakan oleh seorang kontraktor NSA (Badan Keamanan Nasional,) yang membawa material rahasia darn NSA dan menyimpannya di komputernya.

Pencurian ini, terjadi pada 2015. Para narasumber menyebutkan bahwa informasi ini tidak hanya bisa membuat pemerintah Rusia tahu cara melindungi jaringan mereka dari NSA, tapi juga menyerang jaringan di AS.

NSA belum mengonfirmasi akan laporan ini, sementara Kaspersky Lab menyebutkan tidak pernah memberikan informasi atau bukti terkait kejadian ini, dan itu berarti, mereka bisa menduga bahwa ini adalah fitnah.

Meskipun software buatan Kaspersky diduga terlihat dalam pencurian dokumen penting ini, masih belum diketahui apakah perusahaan keamanan siber itu sadar akan serangan ini. Program antivirus biasanya memang mengirimkan data telematik ke server pusat. Mengingat Kaspersky berasal dari Rusia, bisa jadi, server pusat mereka memang ada di negara asalnya.

Transmisi data itu biasanya dienkripsi menggunakan SSL. Namun, jika hacker Rusia bisa menembus enkripsi itu, maka mereka bisa membaca dokumen rahasia NSA tanpa sepengetahuan Kaspersky atau sang kontraktor NSA.


(MMI)

Andromax Prime, Begini Rasanya Pakai Ponsel 4G Rp300 Ribu
Review Smartphone

Andromax Prime, Begini Rasanya Pakai Ponsel 4G Rp300 Ribu

2 days Ago

Andromax Prime adalah feature phone sekaligus smartphone yang tepat bagi kalangan pengguna laya…

BERITA LAINNYA
Video /