Apple Siapkan iPad Murah untuk Lawan Chromebook

Cahyandaru Kuncorojati    •    Selasa, 27 Mar 2018 08:09 WIB
apple
Apple Siapkan iPad Murah untuk Lawan Chromebook
Anak-anak menggunakan iPad sebagai bagian perlengkapan dalam kegiatan belajar mengajar.

Jakarta: Apple dikabarkan segera merlis produk terbaru dari iPad yang diklaim akan dijual dengan harga yang murah, lebih murah dari laptop Chromebook buatan Google.

Langkah Apple kali ini demi mengambil alih pasar perangkat mereka di segmen pendidikan, kalangan pelajar yang lima tahun lalu dikuasai Apple.

Dijelaskan bahwa lima tahun lalu, iPad dan laptop Mac berjaya di sekolah-sekolah Amerika Serikat. Kedua pernagkat tersebut sangat populer di kalangan pelajar. Kini 60 persen pasar segmen tersebut dikuasai Google dan Microsoft.

Google dan Microsoft memang gencar merilis perangkat untuk bidang pendidikan. Chromebook merupakan laptop terjangkau berbasis sistem operasi Chrome yang harus terkoneksi dengan internet untuk bisa menggunakan seluruh fiturnya.

Chromebook tidak diciptakan oleh Google sendiri. Google menggandeng beberapa vendor besar di produk laptop untuk menciptakan perangkat yang mengadopsi Chromebook.

Dikutip dari Bloomberg, apabila rencana ini benar maka ini akan menjadi tahun pertama Apple kembali merilis produk khusus untuk segmen pendidikan atau pelajar yang terakhir kali dilakukan pada tahun 2012.

Pada bulan Desember lalu memang beredar kabar bahwa Apple akan merilis iPad terbaru dengan harga sekitar USD259 (Rp3,5 juta). Tanggal 27 Maret 2018 waktu setempat, Apple juga akan menggelar acara besar bertema pendidikan.

Semua pihak kemudian memprediksi bahwa di acara tersebut Apple juga akan memperkenalkan deretan produk dan fitur terbaru yang ditujukan untuk bidang pendidikan.


(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.