Merek Sandal Asal Jerman Menangkan Gugatan Lawan Amazon

Cahyandaru Kuncorojati    •    Senin, 01 Jan 2018 15:10 WIB
amazone-commerce
Merek Sandal Asal Jerman Menangkan Gugatan Lawan Amazon
Birkenstock adalah merek sandal asal Jerman yang sudah dipopulerkan sejak abad ke 18.

Jakarta: Bukan hal baru sebuah merek kerap ditiru, dan produk tiruan tersebut dapat ditemukan lewat layanan belanja online atau e-commerce. Tentu saja hal ini berdampak serius bagi bisnis sang pemilik merek asli.

Di bulan Juli tahun lalu, merek sandal legendaris Jerman Birkenstock mencabut produknya dari layanan Amazon di Amerika Serikat karena e-commerce tersebut dipenuhi produk tiruan Birkenstock. Kualitas produk tiruan yang buruk ditakutkan berimbas juga pada merek tersebut.

Dilaporkan Reuters, kini Birkenstock memangkan gugatan di pengadilan Jerman ke Amazon yang membuat e-commerce tersebut tidak bisa menyajikan produk yang tidak sesuai dengan pencarian nama Birkenstock.

Mudahnya, setiap ada pengguna Amazon yang tidak mengetikkan kata pencarian 'Birkenstock' dengan benar maka mereka tidak akan disajikan hasil pencarian. Menurut perusahaan Birkenstock sendiri, hal ini bisa meredam konsumen menemukan produk tiruan yang membanjiri Amazaon.

Jadi Amazon di Jerman tidak menyajikan hasil pencarian bagi penggunanya yang tidak bisa mengeja atau mengetikkan dengan benar kata 'Birkenstock'. Beberapa typo atau salah ketik yang sering dicantumkan di antaranya 'Brikenstock', 'Birkenstok', 'Bierkenstock', dan banyak lagi.

Sebelumnya di awal bulan Desember, Birkenstock sempat mengancam untuk juga mencabut produknya dari layanan Amazon Eropa seperti yang dilakukan pada Amazon Amerika Serikat. Birkenstock beralasan Amazon gagal mencegah peredaran produk tiruan di layanannya.

Pihak Amazon tidak memberikan tanggapan detil terkait hasil pengadilan tersebut tapi Amazon mengakui pihaknya berkomitmen  mencegah penjualan barang tiruan di layanannya dan akan bekerja sama dengan para seller atau vendor.


(MMI)

Lenovo Thinkpad X1 Teranyar Muncul di CES 2018
CES 2018

Lenovo Thinkpad X1 Teranyar Muncul di CES 2018

2 days Ago

Lenovo perkenalkan keluarga baru ThinkPad X1 yang terdiri dari tiga jenis perangkat sekaligus d…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.