Airbnb Menang Gugatan dari Pengelola Apartemen Besar

Cahyandaru Kuncorojati    •    Rabu, 03 Jan 2018 15:36 WIB
airbnb
Airbnb Menang Gugatan dari Pengelola Apartemen Besar
Airbnb kerap dianggap menjadi pesaing di bisnis perhotelan dan properti karena mampu menyediakan layanan penginapan dengan harga yang jauh lebih murah.

Jakarta: Layanan marketplace penyewaan penginapan Airbnb dikabarkan hari ini memenangkan gugatan yang diajukan oleh perusahaan pengelola apartemen dan properti bernama AIMCO di California, Amerika Serikat tahun lalu.

Dikabarkan Engadget, Pengadilan Federal Los Angeles, Amerika Serikat, menyatakan Airbnb tetap boleh menjalan bisnisnya dan tidak bersalah atau bertanggung jawab atas pelanggaran kontrak sewa apartemen dan properti yang dilakukan oleh pemilik.

Agustus lalu, AIMCO mengajukan tuntutan kepada Airbnb karena mendorong pemilik apartemen dan properti yang disediakan oleh AIMCO melanggar perjanjian kontrak, yaitu menggunakan apartemen dan properti mereka untuk disewakan lewat layanan Airbnb alias berbisnis.

Oleh AIMCO hal ini tidak hanya dinilai melanggar perjanjian, tapi juga mengancam kenyamanan lingkungan apartemen dan properti yang mereka sediakan. AIMCO mengaku mendapatkan laporan dari penduduk setempat bahwa ada turis pengguna Airbnb yang membuat kebisingan.

Tuntutan AIMCO yang meminta ganti rugi serta menuntut Airbnb tidak boleh beroperasi tentu saja ditolak. Pihak Airbnb berargumen, hal yang mengatur pengguna layanan sudah sewajarnya menjadi tanggung jawab penyedia fasilitas apartemen dan properti yang menjajakannya lewat Airbnb.

Pengadilan memutuskan Airbnb sama sekali tidak bersalah dan tetap bisa beroperasi. Permasalahan pelanggaran perjanjian antara pihak pengembang properti dengan pemilik properti dianggap tidak memiliki kaitan dengan Airbnb.

Diketahui Airbnb sendiri sudah memiliki program bernama Friendly Building Program, yang di dalamnya para pemilik properti Airbnb dibantu oleh pihak pengembang properti untuk menyewakan hunian.

Pihak pengembang properti akan mendapatkan bagian keuntungan. Banyak pihak menduga AIMCO termasuk dalam pihak pengembang yang merasa bisnis Airbnb tidak memberikan hasil yang cukup besar.
(MMI)

Advan i6, Menjanjikan di Harga Rp1,5 Juta
Review Smartphone

Advan i6, Menjanjikan di Harga Rp1,5 Juta

2 days Ago

Advan i6 menawarkan performa cukup baik untuk perangkat di kelas harga terjangkau, yaitu Rp1,5 …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.