Balita Kunci iPhone Orangtuanya Sampai 47 Tahun

Cahyandaru Kuncorojati    •    Kamis, 08 Mar 2018 12:02 WIB
apple
Balita Kunci iPhone Orangtuanya Sampai 47 Tahun
iPhone tersebut terkunci selama 25 juta menit atau setara dengan 47 tahun. (ASIAWIRE)

Jakarta: Ada alasan orangtua selalu mendampingi kegiatan anaknya terutama di usia dini.

Dikutip dari South China Morning Post, balita usia dua tahun tanpa sengaja membuat ponsel iPhone milik sang ibu terkunci hingga 47 tahun. Peristiwa ini sudah terjadi sejak bulan Januari, diakibatkan sang balita salah memasukkan password.

Pada perangkat iOS terdapat sistem kunci layar yang ketika penggunanya salah memasukkan password berupa PIN sebanyak 6 kali, secara otomatis iOS akan tetap mengunci akses ponsel tersebut hingga waktu satu menit.

Kemungkinan, sang balita melakukannya berkali-kali bahkan lebih dari batasan 10 kali. Pada momen tersebut iOS, akan menawarkan pilihan factory reset untuk menyediakan akses ke ponsel tersebut.

Dikabarkan, kesalahan yang dilakukan balita tersebut mengakumulasikan sanksi iOS atas kesalahan PIN yang dimasukkan hingga batas waktu 25 juta menit, yang setara dengan waktu selama 47 tahun.

Sang ibu yang hanya diketahui nama keluarganya sebagai Lu menolak melakukan factory reset. Dalam sebuah wawancara, Lu mengatakan suatu hari nanti dia akan mengatakan kepada anak cucunya bahwa ayah mereka yang membuat kesalahan pada ponsel miliknya.

Seorang teknisi Apple Wei Chunlong mengatakan bahwa tidak ada pilihan lain untuk menyelesaikan masalah ini kecuali menunggu atau factory reset. Wei bahkan menuturkan ada juga pengguna iPhone lainnya yang ponselnya terkunci hingga waktu 80 tahun atas masalah yang sama.

Di Tiongkok, peristiwa ini menjadi perdebatan. Orangtua diminta mendampingi anaknya saat menggunakan gadget, atau secara berkala membuat backup isi ponsel mereka.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.