IBM dan SAP Kolaborasi Solusi untuk Pemain Industri Retail

Mohammad Mamduh    •    Kamis, 14 Sep 2017 10:58 WIB
ibmsapcorporate
IBM dan SAP Kolaborasi Solusi untuk Pemain Industri Retail
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Jakarta: IBM dan SAP mengumumkan kerja sama dalam menggarap solusi untuk industri retail dan produk konsumen demi membantu meningkatkan profitabilitas dan meningkatkan pengalaman para pelanggan. 

Menurut keterangan resminya, solusi ini diklaim menggunakan data real-time untuk memperbaiki perencanaan dan eksekusi proses secara nyata di dalam toko. Sumber-sumber data yang unik, seperti IBM Metro Pulse, mengalir melalui SAP Cloud Platform untuk memberikan informasi secara cepat untuk segera ditindaklanjuti.

Kerja sama ini merupakan rencana pertama untuk menghadirkan sebuah solusi yang berfokus pada kebutuhan industri dan terlahir dari kemitraan transformasi digital kedua perusahaan yang pertama kali diumumkan tahun lalu.

Solusi tersebut nantinya adalah salah satu dari beberapa solusi digital spesifik industri yang saat ini masih dalam tahap pengembangan, dan akan berkembang seiring dengan berlanjutnya investasi IBM di industri retail dan produk konsumen dengan solusi SAP S/4HANA. Kedua perusahaan tersebut juga berencana untuk berkolaborasi dalam layanan SAP Model Company.

IBM Metro Pulse menggunakan layanan kognitif IBM untuk menyediakan informasi lokal seputar cuaca, acara, kondisi lalu lintas dan demografi dan membantu mengatasi tantangan industri utama seperti ketersediaan stok dan akurasi prediksi jumlah permintaan. 

Misalnya, manajer operasi penjualan New York untuk sebuah perusahaan minuman mungkin mencoba meramalkan penjualan di ajang Marathon New York di salah satu toko timnya di sepanjang rute lari. Dengan solusi ini, sang manajer diklaim dapat memasukkan informasi tentang arus lalu lintas di berbagai titik di sepanjang rute, dan juga dampak perkiraan cuaca terhadap permintaan produk. Hal ini memungkinkan dia untuk memprediksi lonjakan permintaan di tingkat toko dengan akurasi yang jauh lebih besar.

Berdasarkan informasi ini, manajer operasi penjualan dapat membuat tugas dan perintah yang disarankan untuk para representatif penjualan, yang kemudian dapat mendiskusikan dengan masing-masing pengelola toko mengenai cara menyesuaikan produk sehingga dapat memaksimalkan penjualan tambahan bagi kedua belah pihak.

"Melalui kolaborasi yang menarik antara SAP dan IBM, pengecer dan perusahaan produk konsumen saat ini dapat merespons dengan kecepatan, ketepatan dan kepercayaan diri terhadap kejadian yang relevan secara lokal. SAP S/4HANA mencakup kemampuan untuk memungkinkan pengguna menjalankan proses bisnis end-to-end dengan cara yang tidak dapat dilakukan sistem lain," kata Lori Mitchell-Keller, General Manager Global, Consumer Industries di SAP.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.