Saingi Macbook Pro, Xiaomi Luncurkan Mi Notebook Pro

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 11 Sep 2017 16:42 WIB
xiaomi
Saingi Macbook Pro, Xiaomi Luncurkan Mi Notebook Pro
Xiaomi Notebook Pro. (MTVN / DANU)

Metrotvnews.com: Mi Mix 2 memang menjadi bintang dari acara Xiaomi hari ini. Namun, perusahaan asal Tiongkok itu juga memamerkan 2 produk lain, yaitu Mi Note 3 dan Mi Notebok Pro.

Xiaomi mulai memasuki pasar laptop pada pertengahan tahun lalu, dengan merilis Mi Notebook Air. Kini, perusahaan asal Tiongkok itu menargetkan para profesional yang membutuhkan laptop dengan komponen terbaru dengan Mi Notebook Pro.

Xiaomi meluncurkan Mi Notebook Pro yang dipersenjatai dengan Intel Core i7 generasi ke-8 dan kartu grafis NVIDIA GeForce MX150. Laptop terbaru Xiaomi ini akan hadir dalam 3 varian. Varian pertama, diharga CNY6,999 atau sekitar Rp14,2 juta, menggunakan Intel Core i7 dengan RAM 16GB.

Varian kedua masih menggunakan Intel Core i7, namun dengan RAM lebih kecil, yaitu 8GB. Ia dihargai CNY6,399 (Rp13 juta). Varian paling dasar, diharga CNY5,599 (Rp11,3 juta) menggunakan Intel Core i5 dan RAM 8GB. Ketiganya memiliki M.2 NVMe SSD 256GB. 



Mi Notebook Pro memiliki layar Full HD sebesar 15,6 inci yang dilapisi dengan Corning Gorilla Glass. Selain itu, Xiaomi juga mengklaim bahwa bodi laptop Mi Notebook Pro sangat tangguh sehingga ia bisa menahan beban berat Segway. Xiaomi juga sudah melengkapi laptopnya dengan sensor sidik jari pada touchpad serta Windows Hello. 

Xiaomi mengklaim bahwa untuk bermain game dan video encoding, laptopnya menawarkan performa yang lebih baik jika dibandingkan dengan Macbook Pro dari Apple. Meskipun ditujukan untuk kalangan profesional, Xiaomi juga menyebutkan bahwa Mi Notebook Pro sudah dapat digunakan untuk bermain game Dota 2 dengan framerate 60-65 fps. 

Mi Notebook Pro memang terdengar menggiurkan, sayangnya, belum diketahui apakah Xiaomi akan memboyong laptop tersebut ke Indonesia. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.