Xiaomi Mi Mix 2, Saat Teknologi Tercanggih Ada di Satu Ponsel

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 11 Sep 2017 15:33 WIB
xiaomi
Xiaomi Mi Mix 2, Saat Teknologi Tercanggih Ada di Satu Ponsel
Xiaomi Mi Mix 2 akhirnya muncul di Beijing, Tiongkok, Senin (11/9/2017)

Metrotvnews.com, Beijing: Xiaomi kahirnya resmi memperkenalkan smartphone barunya, yaitu Mi Mix 2. Sesuai dengan namanya, smartphone ini merupakan penerus dari Mi Mix yang telah dirilis tahun lalu dan merupakan smartphone bezel-less dari Xiaomi.

Mi Mix 2 tampil dengan berbagai perubahan dan penambahan fitur, namun tetap tampil sebagai smartphone kelas premium dari Xiaomi yang mengedepankan desain.

"Saat merilis MI Mix, saya mendapatkan banyak tanggapan positif soal desainnya. Bahkan salah satu pesaing kami mengucapkan selamat kepada kami," ujar CEO Xiaomi, Lei Jun.

"Mi Mix juga mendapatkan banyak penghargaan salah satunya adalah IDEA Gold Design Award yang hingga saat ini baru hanya didapatkan oleh 17 smartphone termasuk iPhone pertama. Tentu saja pencapaian ini merupakan hal yang sangat penting bagi kami."

Mi Mix 2 kali ini tampil dengan layar yang lebih besar, yaitu memiliki rasio layar hingga 18:9. Besar layarnya juga 12,5 persen lebih besar dari Mi Mix pertama. Smartphone ini juga menggunakan teknologi Fuill Creed Display 2.0 yang diklaim bisa menampilkan gambar dengan sangat baik di layarnya yang super lebar.



Ada beberapa hal yang membuat rasio layar Mi Mix 2 bisa tampil lebih besar. Pertama adalah kamera depannya yang kini ukurannya lebih kecil. Dengan demikian, Xiaomi bisa memangkas sebagian bezel bawah di bagian depan smartphone ini. Selain itu, Mi Mix 2 juga menggunakan antena lebih kecil, yang ketebalannya kini hanya 1,3mm.

Tentu saja smartphone ini masih menggunakan teknologi sebelumnya seperti sensor dan speaker khusus sehingga bisa ditanamkan tanpa terlihat di dalam bodinya. Semua itu membuat Xiaomi bisa meminimalisir besar bezel di Mi Mix 2.

Mi Mix 2 sendiri menggunakan layar berukuran 5,99 inci, namun hadir dengan bodi yang ringkas. Smartphone ini bahkan masih memiliki ukuran bodi yang lebih kecil dari iPhone 7 Plus yang memiliki layar jauh lebih kecil. Kuncinya memang pada desain bezel-less yang membuat bodi bisa dipertahankan tetap ringkas, namun ukuran layar lebih besar.

Sayangnya, Mi Mix 2 tampil meleset dari perkiraan kami sebelumnya. Ia tidak memiliki dua kamera seperti saudaranya yang baru dirilis di India dan Mi 6 yang baru dirilis awal tahun ini. Meski demikian, Xiaomi menjanjikan kamera yang lebih baik dari sebelumnya.

Kamera utama Mi Mix 2 sendiri telah dilengkapi dengan image stabilization, meski jenisnya masih belum disebutkan. Jenis dan resolusi sensornya juga masih belum disebutkan di acara presentasi Mi Mix 2 kali ini.



Mi Mix juga menggunakan teknologi Global Band. Artinya, ponsel ini bisa digunakan di seluruh dunia dan memudahkan pengguna yang sering bepergian. Lei Jun mengklaim Mi Mix 2 bisa digunakan di lebih dari 220 negara dan memiliki 43 + 6 band jaringan seluler.

Jumlah tersebut diklaim lebih banyak dari smartphone pesaingnya yang sudah beredar di pasar. Tidak hanya itu, Mi Mix juga menggunakan antena 4x4 MIMO untuk koneksi LTE lebih baik, serta NFC yang kini sudah banyak digunakan sebagai fasilitas pembayaran digital.

Soal spesifikasi, Mi Mix 2 menggunakan Qualcomm Snapdragon 835 yang merupakan SoC kelas premium terbaru. Smartphone ini juga tampil dengan RAM sebesar 6GB, dan penyimpanan mulai dari 64GB hingga 256GB. Penyimpanannya memang tidak berbeda jauh dengan versi sebelumnya, namun ia tampil dengan SoC dan RAM yang lebih baik.

Mi Mix 2 hadir dalam 3 varian kapasitas penyimpanan. Masing masing dibanderol seharga RMB3299 (Rp6,6 juta) untuk versi 64GB, RMB3599 (Rp7,2 juta) untuk versi 128GB, dan RMB3999 (Rp8 juta) untuk versi 256GB.

Sama seperti tahun lalu, kali ini Xiaomi juga menghadirkan Mi Mix 2 versi terbatas. Smartphone ini hadir dengan bodi berwarna putih dan hitam dengan bahan utamanya yaitu keramik. Menariknya, smartphone ini tampil dengan spesifikasi yang agak berbeda.

Mi Mix 2 Ceramic Version bakal hadir dengan RAM yang sangat besar, yaitu 8GB. Ia juga merupakan smartphone pertama yang menggunakan RAM hingga 8GB. Untuk harganya, Mi Mix 2 Ceramic Version dibanderol RMB4699 atau sekitar Rp9,4 juta.


(MMI)