Ilmuwan Ingin Buat Laser Demi Lindungi Bumi dari Alien

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 03 Oct 2016 15:19 WIB
antariksa
Ilmuwan Ingin Buat Laser Demi Lindungi Bumi dari Alien
Laser bisa digunakan untuk melindungi Bumi dari alien (ESO / G. Hudepohl)

Metrotvnews.com: Salah satu pernyataan Stephen Hawking yang cukup kontroversial adalah ketika ia memperingatkan manusia untuk tidak mencoba mengontak alien.

Hawking mengatakan jika alien tersebut memiliki teknologi yang lebih canggih, maka kehidupan di Bumi bisa dimusnahkan, bahkan manusia mungkin bisa diperbudak oleh para alien. Lalu, bagaimana caranya melindungi planet Bumi dari deteksi oleh alien?

Ilmuwan David Kipping memiliki satu metode yang cukup unik, yaitu menggunakan laser. Menurut Popular Science, laser yang diajukan dalam rancangan Kipping merupakan laser khusus yang bisa membuat Bumi tidak terlihat seperti planet berpotensi untuk dihuni makhluk hidup.

Cara kerja laser tersebut cukup sederhana. Laser dengan frekuensi tertentu akan dipancarkan dari orbit Bumi ke arah yang diperkirakan menjadi titik pengamatan alien.

Laser tersebut dikatakan bisa menghalau gelombang khusus yang dipancarkan oleh teleskop pengamatan antariksa, sehingga alien yang mengamati ke arah Bumi dipastikan tidak akan menemukan Bumi.

Meski menemukan Bumi, informasi yang didapatkan akan berbeda dan Bumi akan seperti planet yang terlalu dekat dengan matahari.

Pembuatan laser di orbit Bumi juga dinilai tidak akan sulit, sementara untuk energinya, Kipping mengatakan laser tersebut hanya perlu energi listrik tak lebih dari konsumsi listrik 40 rumah.

Laser tersebut nantinya akan memancarkan energi hingga 30MW dan hanya perlu diaktifkan selama 10 jam dalam setahun, yaitu ketika posisi Bumi dengan matahari ada di titik terdekat.

Selain mengajukan konsep pembuatan laser untuk melindungi Bumi dari deteksi alien, Kipping juga mengatakan alien bisa saja menggunakan teknik serupa untuk melindungi planetnya.

Jika benar demikian, maka sistem pengamatan antariksa perlu dirombak jika kita ingin menemukan planet yang dihuni alien.


(MMI)

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power
Review Smartphone

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power

1 week Ago

LG X Power memang memiliki baterai yang awet dan dapat mengisi baterai dengan cepat. Sayangnya,…

BERITA LAINNYA
Video /