Di Tiongkok, Makanan Bisa Dikirim Pakai Drone

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Sabtu, 02 Jun 2018 15:29 WIB
alibabadrone
Di Tiongkok, Makanan Bisa Dikirim Pakai Drone
Ele.me sudah mendapat izin untuk mengirimkan makanan dengan drone.

Jakarta: Pemerintah Tiongkok telah mengizinkan penggunaan drone untuk mengantarkan makanan.

Layanan pengantar makanan Ele.me milik Alibaba telah mendapatkan izin dari pemerintah untuk mengantarkan makanan menggunakan drone di 17 rute di Jinshan Industrial Park, Shanghai. 

Rute ini menjangkau kawasan dengan luas 58 kilometer kuadrat dari kawasan industri tersebut. Menurut laporan BBC, para pelanggan Ele.me akan mendapatkan pesanan mereka 20 menit setelah mereka memesan makanan di salah satu dari 100 restoran yang ada di kawasan industri ini. 

Drone ini hanya akan bergerak antara dua titik yang telah ditentukan pada masing-masing rute. Staf yang ada di titik pengantaran akan menerima pesanan dan meletakkannya di bagian kargo drone.

Sementara staf yang ada di lokasi penerima akan mengambil pesanan dan mengantarkan makanan ke alamat pelanggan. 

Ele.me berkata, pengiriman menggunakan drone akan membantu mereka untuk menghemat ongkos operasional. Biaya pengiriman menggunakan drone lebih murah jika dibandingkan dengan pengiriman melalui jalan.

Mereka juga percaya, penggunaan drone juga bisa membantu meningkatkan penghasilan kurir manusia. 

Menggunakan drone untuk mengantar makanan dengan cara ini mungkin tidak akan bisa digunakan di kawasan perumahan. Namun, ini juga menunjukkan dukungan yang ditunjukkan oleh pemerintah Tiongkok pada perusahaan lokal terkait penggunaan drone untuk mengantarkan barang. 

Di Amerika Serikat, pemerintah baru saja mempertimbangkan untuk melonggarkan peraturan terkait drone pengirim barang. Sementara melalui kampanye Made in China 2025, pemerintah Tiongkok memberikan beasiswa, investasi dan bahkan pinjaman untuk pengembangan teknologi inovatif seperti ini. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.