Aplikasi Kebugaran Under Armour Dibobol, 150 Juta Akun Bocor

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 02 Apr 2018 12:03 WIB
teknologi
Aplikasi Kebugaran Under Armour Dibobol, 150 Juta Akun Bocor
Aplikasi MyFitnessPal Under Armour mengalami peretasan menyebabkan kebocoran data 150 juta akun penggunanya.

Jakarta: Under Armour, perusahaan fesyen olahraga, mengalami peningkatan popularitas dalam beberapa tahun terakhir. Selain pakaian olahraga, Under Armour juga menawarkan aplikasi dan layanan fitness bertajuk MyFitnessPal.

Namun, informasi terbaru menyebut aplikasi tersebut mengalami peretasan, menyebabkan kebocoran data 150 juta akun penggunanya. Berita ini telah mendapatkan konfirmasi dari Under Armour, menyebut akun, password, dan email telah dicuri.

Under Armour menyebut peretas tidak berhasil mencuri informasi terkait nomor kartu kredit, nomor Social Security atau SIM.

Meskipun demikian, pertanyaan Under Armour tidak mengartikan bahwa data pengguna tetap aman, sebab peretas dapat melakukan hal berbahaya dengan menggunakan informasi yang berhasil tercuri.

Hingga saat ini, belum tersedia informasi terkait cara peretas memperoleh akses untuk menghimpun data, dan Under Armour menyarankan seluruh pengguna aplikasi dan layanannya untuk segera mengubah password guna mencegah pencurian data lebih jauh.

Selain itu, Under Armour mengaku terus mengawasi aktivitas mencurigakan dan berkolaborasi dengan badan penegak hukum terkait dengan peretasan ini. Under Armour juga mengungkap akan terus meningkatkan pengukuran keamanan data aplikasi dan layanannya.

Peretasan ini menjadi insiden kebocoran data terbesar selama tahun 2018, dan masuk ke dalam daftar lima besar insiden peretasan di industri teknologi. Posisi pertama ditempati oleh peretasan pengakibat kebocoran data tiga miliar akun yang dialami oleh Yahoo pada tahun 2013.

Jumlah data pengguna Yahoo yang tercuri tersebut sebelumnya diduga hanya memengaruhi satu miliar akun. Akun pengguna yang turut terpengaruh termasuk seluruh pemilik akun email Yahoo dan pernah tergabung dengan layanan Yahoo lainnya, seperti Flickr.


(MMI)

Samsung Galaxy A9, Si Unik Berkamera Empat
Review Smartphone

Samsung Galaxy A9, Si Unik Berkamera Empat

4 days Ago

Samsung mengakhiri tahun 2018 dengan ponsel inovatif dalam hal kamera dengan dukungan empat kam…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.