Apple Watch Series 4 Punya Baterai 20% Lebih Kecil

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 27 Sep 2018 10:14 WIB
apple
Apple Watch Series 4 Punya Baterai 20% Lebih Kecil
Model Apple Watch Series 4 juga didukung dengan kapasitas baterai lebih kecil dibandingkan dengan pendahulunya.

Jakarta: Mengikuti jejak iPhone XS yang berbekal kapasitas baterai lebih kecil jika dibandingkan dengan iPhone X, model Apple Watch Series 4 juga didukung dengan kapasitas baterai lebih kecil jika dibandingkan dengan model pendahulunya.

Dirilis pada situs Apple, Product Information Sheet perusahaan ini berisi informasi singkat terkait baterai pendukung model Apple Watch baru.

Secara spesifik, informasi ini mengungkap bahwa Series 4 model 44mm berbekal 1,12 watt-jam, sedangkan model 40mm menawarkan 0,86 watt-jam.

Sebagai perbandingan, model 42mm dan 38mm keluaran tahun lalu dibekali dengan daya 1,34 watt-jam dan 1,07 watt-jam. Daya pada kedua model baru tersebut diterjemahkan sebagai penurunan sebesar 16,5 persen dan 19,7 persen.

Berbekal kapasitas lebih kecil, Apple mengklaim bahwa kedua Apple Watch Series 4 ini mampu bertahan selama 18 jam, setara dengan kemampuan jam tangan cerdas generasi sebelumnya.

Angka yang dicantumkan Apple ini belum menjalani proses pengujian, sehingga belum terjamin kebenaran klaim raksasa teknologi pada skenario pada kehidupan nyata.

Sebelumnya, setelah Apple mengumumkan bahwa iOS akan menerima perluasan dukungan untuk aplikasi pihak ketiga, Waze baru saja menggulirkan update untuk aplikasi versi iOS karyanya, sehingga dapat melakukan sinkronisasi arah antara iPhone dan sistem infotaiment kendaraan.

Sementara itu, seorang peneliti keamanan siber menemukan kelemahan pada versi terbaru dari macOS, beberapa jam sebelum sistem operasi baru itu dirilis.

Chief Researcher Officer di Digital Security, Patrick Wardle, mengunggah sebuah video di Twitter, menunjukkan cara untuk melewati fitur privasi yang dipasang untuk mencegah aplikasi-aplikasi mengakses data pribadi pengguna tanpa izin.

Analis Ming-Chi Kuo yang terkenal sebagai analis paling tepat terkait bisnis Apple menghimpun informasi penjualan awal dua iPhone terbaru: iPhone XS Max dan iPhone XS. Disebut bahwa iPhone XS Max menjadi yang paling laris.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.