Apple Watch Seri 4 Muncul

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 13 Sep 2018 09:12 WIB
apple
Apple Watch Seri 4 Muncul
Apple resmi meluncurkan generasi terbaru dari jam tangan cerdas karyanya, Apple Watch Seri 4.

Jakarta: Apple resmi mengumumkan kehadiran Apple Watch Seri 4, dengan tampilan lebih trendi, lebih fungsional, dan menawarkan kenyamanan lebih baik. Sebagai versi upgrade dari generasi sebelumnya, Apple Watch Seri 4 mengusung sejumlah pembaruan.

Apple Watch Seri 4 hadir dengan layar OLED berukuran lebih besar, dalam dua opsi ukuran 30 persen lebih besar dari generasi sebelumnya, yaitu 40 dan 44 milimeter. Sementara itu, generasi sebelumnya ditawarkan dalam opsi ukuran layar 38 dan 42 milimeter.

Apple mengunggulkan dimensi lebih tipis pada Apple Watch Seri 4, dengan sudut berlekuk dan bezel berukuran lebih tipis, menghadirkan tampilan lebih modern. Apple juga menyebut bahwa jam tangan cerdas ini kompatibel dengan tali perangkat generasi sebelumnya.

Tali baru untuk Appe Watch Seri 4 hadir dengan pilihan warna dan hiasan lebih banyak, termasuk Silver, Space Grey, Gold, Polished, Space Black, Lavender, Blue Horizon, Nectarine, Cape Cod Blue, Hibiscus, Storm Grey, Indigo, Peony Pink, Forest Green, Cape Cod Blue, dan Ruby Red.

Selain itu, Apple Watch Series 4 juga berbekal dengan speaker berukuran lebih besar, serta mikrofon yang disematkan pada sisi perangkat berlawanan dengan speaker, ditujukan untuk menyuguhkan kualitas audio pada panggilan telepon lebih jernih.

Apple Watch Seri 4 akan menggunakan sistem operasi Watch OS 5 terbaru saat dirilis pada akhir bulan ini. Sistem operasi ini berbekal kemampuan pelacak aktivitas lebih baik, mode Walkie Talkie yang dapat digunakan sesama pemilik Apple Watch, serta kemampuan memutar podcast.

Sementara itu, jam tangan cerdas ini juga didukung oleh prosesor dual-core S4 baru, dua kali lebih cepat jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Apple juga menjanjikan daya tahan baterai lebih lama, selama satu hari penuh.

Perangkat ini juga dibekali sensor generasi terbaru, termasuk gyroscope, akselerometer dan detektor detak jantung dengan tingkat akurasi lebih baik. Detektor tersebut mampu menginformasikan pengguna aktvitas jantung tidak umum, berpotensi sebagai permasalahan kesehatan, dan telah bersertifikasi Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat.

Apple menawarkan Watch Seri 4 melalui program pre-order mulai 14 September mendatang, dan resmi dirilis pada 21 September untuk 26 pasar utama pertama. Apple akan memasarkan Watch Seri 4 model GPS dan seluler di 16 dari 26 pasar tersebut.

Jam tangan ini dipasarkan dengan harga dari USD399 (Rp5,9 juta) hingga USD749 (Rp11 juta). Sedangkan edisi Hermes ditawarkan seharga USD1.249 (Rp18,5 juta) dan USD1.499 (Rp22,2 juta).


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.