Konsumen E-Commerce Indonesia Lebih Suka Akses dari Ponsel

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 21 Nov 2016 12:47 WIB
google
Konsumen E-Commerce Indonesia Lebih Suka Akses dari Ponsel
Google mengumumkan hasil penelitian terkait e-Commerce di Indonesia selama tahun 2016.

Metrotvnews.com, Jakarta: Google mengumumkan hasil penelitian terkait dengan e-commerce di wilayah Indonesia selama tahun 2016.

Penelitian ini diklaim Google akan mampu membantu marketer e-commerce untuk menghadirkan kampanye lebih baik dalam memeriahkan Hari Belanja Online Nasional pada 12 Desember.

Dalam laporannya, Google menyebut tren yang mendominasi ranah e-commerce yaitu penggunaan perangkat mobile dan data seluler. Sebesar 43 persen masyarakat Indonesia saat ini telah menggunakan ponsel pintar. Jumlah ini tergolong besar, meski belum mampu menyaingi Singapura atau Korea Selatan sebesar 91 persen.

Berdasarkan persentase ini, Google menyebut, sebesar 92 persen konsumen Indonesia lebih memilih berbelanja melalui situs dan aplikasi. Sementara itu, 87 persen konsumen mengaku akan berubah pikiran mengenai merek setelah membaca informasi produk yang mereka peroleh pada ponsel mereka.

Sedangkan 77 persen dari konsumen responden mengaku situs dan aplikasi menjadi medium awal bagi konsumen untuk memeriksa produk sebelum mengunjungi dan membelinya di toko fisik.

Selain itu, penelitian ini juga menyebut, e-commerce Indonesia memiliki sejumlah momen tertentu yang turut menentukan besaran transaksi pada situs tersebut. Tidak hanya meningkatkan transaksi, momen khusus ini juga menghadirkan kategori, produk dan merek berbeda, sesuai dengan momen yang tengah dirayakan.

Menurut Google, menjelang tanggal 12 Desember 2016, situs e-commerce di Indonesia dengan tingkat pencarian tertinggi adalah Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Elevenia dan Blibli.com.

Untuk memanfaatkan tren yang disuguhkan dalam hasil penelitian, Google menyarankan marketer untuk melakukan sejumlah hal, salah satunya dengan mempersiapkan kampanye belanja akhir tahun. Kampanye ini dapat memanfaatkan pencarian maupun iklan video agar dapat menjangkau target konsumen.

Selain itu, pemain e-commerce juga disarankan untuk menyematkan tautan alamat situs dalam versi mobile pada iklan. Hal ini guna memudahkan target konsumen mengakses situs saat menyaksikan iklan di perangkat mereka. 

Tidak hanya untuk menarik perhatian sehingga berkunjung ke situs, pemain juga disarankan mengawasi anggaran dan meninjau kembali pendapatan harian, sehingga tidak akan kehilangan konsumen yang berminat untuk membeli produk yang ditawarkan. Pastikan situs tetap beroperasi seperti biasa, meski musim liburan atau momen khusus telah berakhir.


(MMI)

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power
Review Smartphone

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power

1 week Ago

LG X Power memang memiliki baterai yang awet dan dapat mengisi baterai dengan cepat. Sayangnya,…

BERITA LAINNYA
Video /