Jangan Tertipu Potongan Harga Online Revolution Day

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 11 Nov 2016 18:43 WIB
e-commerce
Jangan Tertipu Potongan Harga Online Revolution Day
Konsumen perlu memperhatikan harga penawaran pada perangkat gelaran Online Revolution Day.

Metrotvnews.com, Jakarta: Kemeriahan gelaran Online Revolution Day yang berlangsung hari ini, Jum'at (11/11/16), tidak hanya disambut baik konsumen, tapi juga penjual di berbagai situs e-commerce yang ikut serta dalam perayaan ini. Sayangnya, tidak semua penjual menyambut perayaan ini dengan niat baik.

Pada salah satu situs e-commerce yang beroperasi di Indonesia, terdapat penawaran perangkat Xiaomi Redmi Note 4 3GB-64GB Dual SIM Gold yang mendapatkan potongan harga sebesar 87 persen. Potongan harga tersebut jelas menggiurkan bagi konsumen yang kurang cermat.

Jika dicermati, pada halaman penawaran tersebut, tercantum harga Rp2.578.000 setelah mendapatkan potongan 87 persen. Harga tersebut sedikit lebih tinggi dari harga aslinya, yaitu Rp2.400.000. Sementara harga sebelum mendapat potongan harga mencapai Rp20 juta.



Tidak hanya pada Xiaomi Redmi Note 4, keanehan serupa juga ditemukan pada smartphone Xiaomi Mi 4s 3GB/64GB Dual SIM - Putih di situs e-commerce yang sama. Perangkat ini juga ditawarkan dengan harga sebelum mendapat potongan harga yang sama, yaitu Rp20.999.0000, sedangkan harga promosinya mencapai Rp3.690.000, sedikit lebih tinggi dari harga aslinya sebesar Rp3,4 juta.



Namun, keanehan penawaran harga tersebut tidak tersedia pada semua situs e-Commerce yang berpartisipasi dalam perayaan Online Revolution Day ini. Meskipun demikian, konsumen tetap disarankan untuk tetap waspada dan lebih cermat dalam mempelajari penawaran dari perangkat yang diinginkan pada seluruh situs e-Commerce.

Perayaan Online Revolution Day yang hanya berlangsung selama satu hari ini diikuti sejumlah penggiat e-Commerce di Indonesia, yang ditujukan untuk menyambut Hari Belanja Online Nasional pada 12 Desember mendatang. Pada perayaan ini, situs e-commerce berlomba-lomba untuk menghadirkan program promosi guna menarik perhatian konsumen.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.