Samsung Galaxy S8 Punya Tombol Khusus Bixby

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 21 Mar 2017 08:22 WIB
samsung galaxysamsung
Samsung Galaxy S8 Punya Tombol Khusus Bixby
Samsung dikabarkan akan membenamkan tombol khusus untuk akses Bixby.

Metrotvnews.com: Samsung dikabarkan mempersiapkan tombol khusus untuk mengakses asisten virtual karyanya, yaitu Bixby, dengan lebih cepat. Samsung juga menyebut asisten virtualnya ini dapat mengendalikan seluruh pengoperasian dari antarmuka sentuh pada perangkat.

Dukungan ini, dinilai Phone Arena, sesuai untuk pengguna yang tidak ingin repot berteriak dan memanggil Bixby saat berada di lokasi ramai. Kabar terkait tombol khusus Bixby pada Galaxy S8 ini juga telah dikonfirmasikan oleh media dari negara asal Samsung, yaitu Korea Selatan.

Namun hingga saat ini, media asal Korea Selatan tersebut mengklaim Samsung baru berencana untuk menjadikan tombol ini sebagai tombol shortcut. Hal ini karena Samsung masih berupaya untuk mengukuhkan proposisi Viv Labs sebagai kreator Bixby yang akuisisinya pada Oktober lalu, dalam ranah mobile.

Tombol khusus ini diperkirakan akan ditempatkan di bagian bawah tombol volume, di sisi kiri Samsung Galaxy S8, seperti yang ditampilkan pada bocoran gambar ponsel cerdas ini. Selain itu, Samsung juga dikabarkan berencana untuk mengaktifkan tombol dengan fungsionalitas Bixby via update software.

Update ini dijadwalkan akan digulirkan pada pertengahan tahun pertama 2017, mendukung rumor lain yang menyebut Bixby sangat bergantung pada versi lebih baik dari fitur S Voice. Namun hingga saat ini, masih belum diketahui tombol khusus Bixby tersebut akan berbekal kemampuan program ulang.

Bixby menjadi upaya Samsung dalam mengikuti perkembangan teknologi, terutama di bidang integrasi kecerdasan buatan pada perangkatnya, dimulai dari perangkat komunikasi mobile. Sebelumnya, perusahaan teknologi lagi seperti Apple, Google, Microsoft, dan Amazon telah menghadirkan asisten virtual mereka terlebih dahulu.

Selain Bixby, ponsel cerdas yang dikabarkan akan mulai dipesan melalui pre-order di Korea Selatan mulai 7 April mendatang ini, juga akan berbekal kemampuan untuk merekam video 1.000 fps, dengan dua kamera pada bagian depan.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.