Baidu Kembangkan Software Penerjemah Pintar

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 16 Mar 2017 08:28 WIB
teknologibaidu
Baidu Kembangkan Software Penerjemah Pintar
Ilustrasi. (Getty Images/iStockphoto)

Metrotvnews.com: Melakukan transkripsi memakan waktu yang tidak sedikit. Terkadang, obrolan pendek membutuhkan waktu berjam-jam untuk ditulis.

Perusahaan pencarian asal Tiongkok, Baidu, ingin memecahkan masalah ini dengan membuat menggunakan kecerdasan buatan (AI). Menurut laporan Engadget, Baidu baru saja meluncurkan versi beta dari SwiftScribe, aplikasi yang menggunakan jaringan syaraf untuk mengerti pembicaraan manusia. 

Baidu menjanjikan, software ini dapat mengubah percakapan menjadi teks dengan cukup akurat berkat "ribuan jam" pelatihan yang mereka lakukan. Pelatihan yang dimaksud di sini adalah membiarkan software ini untuk mendengarkan berbagai rekaman. 

Tidak hanya itu, ia juga bisa mengedit hasil transkripsi berdasarkan bagaimana cara orang berbicara. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengubah transkripsi dari software ini.

Sayangnya, saat ini, Baidu hanya mengundang sekitar 30-50 orang yang sering melakukan transkripsi untuk mencoba versi beta dari software buatannya. Selain itu, perusahaan asal Tiongkok ini juga belum menjelaskan ketersediaan atau harga dari SwiftScribe ketika ia akhirnya diluncurkan. 

Satu hal yang pasti, keberadaan software transkripsi berbasis AI ini dapat membantu banyak orang dalam berbagai industri, mulai dari wartawan hingga polisi. Selain itu, ia jgua bisa digunakan untuk melakukan transkripsi dari voicemail.


(MMI)