Android O Bakal Muncul di Google I/O?

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 10 Mar 2017 08:16 WIB
google
Android O Bakal Muncul di Google I/O?
Google dirumorkan akan perkenalkan Android O pada ajang Google I/O 2017.

Metrotvnews.com: Google resmi mengumumkan ajang pengembang tahunannya, yaitu Google I/O, yang akan digelar 17-20 Mei 2017, di The Shoreline Amphitheater. Google dirumorkan juga akan memperkenalkan sistem operasi Android terbarunya.

Sistem operasi Android terbaru Google yang disebut-sebut sebagai Android O ini dikabarkan telah dikembangkan sejak peluncuran Google Pixel pada bulan Oktober lalu. Menurut GSM Arena, pada sistem operasi terbaru tersebut, Google dirumorkan telah mempersiapkan sejumlah fitur baru.

Sejumlah fitur baru tersebut termasuk fitur yang disebut dengan nama "Copy Less". Fitur ini akan memungkinkan sistem operasi memprediksi saat pengguna mencoba untuk mengirimkan alamat kepada seseorang dari aplikasi lain.

Selain itu, Android O juga diperkirakan akan berbekal fitur GBoard dengan kemampuan menampilkan saran teks setelah pengguna mengetik "It's at". Ide di balik kemampuan ini dilaporkan untuk mengurangi aktivitas berganti antar aplikasi.

Namun hingga saat ini, masih belum tersedia informasi terkait ketersediaan kemampuan baru tersebut sebagai bagian dari versi update GBoard atau hanya akan tersedia pada aplikasi GBoard bawaan Android O.

Fitur lain yang dikabarkan akan tersedia pada Android O adalah kemampuan terhubung dari Android ke iOS. Teks akan didukung oleh tautan cerdas, yang akan menghubungkan informasi terkait pada masing-masing aplikasi, seperti nomor ponsel yang akan menampilkan menu Dialer, alamat akan mengakses Maps, dan tanggal pada kalender akan segera ditambahkan dari email.

Fitur terakhir yang disebut akan tersedia di Android O adalah gestur serupa Huawei Knuckle/Knock Gestures, namun tidak melibatkan ketukan jari. Sebagai contoh, menggambar huruf "C" pada layar akan menampilkan kalender.


(MMI)