Pengguna Facebook Messenger Sudah Bisa Jajal Fitur Snapchat

Ellavie Ichlasa Amalia, Lufthi Anggraeni    •    Sabtu, 11 Mar 2017 09:20 WIB
facebook
Pengguna Facebook Messenger Sudah Bisa Jajal Fitur Snapchat
Facebook mulai gulirkan fitur serupa Snapchat, Messenger Day.

Metrotvnews.com: Setelah diuji di Polandia pada bulan September lalu, Facebook resmi mengumumkan proses pengguliran fitur serupa Snapchat karyanya, yaitu Messenger Day, untuk pengguna perangkat Android dan iOS di seluruh dunia telah dimulai.

Cara menikmati fitur baru Facebook ini cukup mudah, pengguna hanya perlu memanfaatkan kamera terintegrasi pada Messenger, untuk memotret foto atau merekam video. Kemudian, pengguna dapat menambahkan teks, gambar, kartun, atau filter wajah pada foto atau video, dan mengunggahnya pada beranda yang disebut Facebook dengan nama Day.



Sambutan hangat yang dihadirkan masyarakat turut mendorong Instagram dan WhatsApp menghadirkan fitur serupa pada layanan mereka, dan kini diikuti oleh Facebook. Menurut The Verge, kehadiran fitur ini turut didukung oleh ketersediaan dukungan kamera pada smartphone yang kian canggih.

Selain itu, Economic Times menilai kehadiran fitur Messenger Day juga membuka peluang potensial untuk memonetisasi aplikasi Messenger. Aplikasi ini dilaporkan mengalami kesulitan untuk menarik perhatian pengguna guna memanfaatkan platform bot chat untuk bisnis selama tahun 2016 lalu.

Konten itu bisa diakses oleh teman-teman Anda. Sama seperti Stories pada Snapchat, konten ini akan hilang dalam waktu 24 jam. Sebelum muncul di Facebook, fitur serupa telah muncul di Instagram dan WhatsApp. Kini ia tersedia di Messenger.

Keputusan Facebook untuk meniru fitur Snapchat Stories ke Instagram, WhatsApp dan Messenger merupakan bukti betapa foto dan video kini menjadi bagian yang semakin penting untuk berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara itu, Facebook juga dikabarkan tengah menjalani proses pengujian fitur terbaru untuk aplikasi utamanya, yaitu Facebook Stories, di Eropa dan Afrika. Tidak hanya soal aplikasi, kabar gembira juga datang dari sang CEO, bersama dengan istrinya tengah menanti kehadiran putri kedua mereka.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.