YouTube Super Chat Tawarkan Ruang Khusus Komentar Berbayar

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 13 Jan 2017 13:46 WIB
youtube
YouTube Super Chat Tawarkan Ruang Khusus Komentar Berbayar
YouTube baru saja merilis versi beta dari Super Chat.

Metrotvnews.com: YouTube mengumumkan fitur baru yang membantu kreator untuk memonetisasi video live yang mereka buat. Fitur yang dinamai Super Chat itu memungkinkan penonton menyematkan komentar pada siaran langsung.

Tak lama lagi, saat seseorang menyiarkan video live, Anda akan melihat simbol mata uang di bagian komentar. Klik tombol tersebut dan Anda akan melihat adanya slider untuk mengatur jumlah uang yang hendak Anda kirimkan ke sang YouTuber. 

The Verge melaporkan, semakin besar jumlah yang Anda bayarkan, semakin lama komentar Anda terpajang. Selain itu, Anda juga bisa membuat komentar yang sedikit lebih panjang. Komentar berbayar memiliki warna yang berbeda, yang bertujuan untuk memudahkan YouTuber menyadari komentar berbayar.

Super Chat akan menjadi pengganti fitur Fan Funding, tool yang YouTube buat untuk memungkinkan penonton membayar kreator. Product Manager YouTube, Barbara Macdonald berkata, tujuan dari Super Chat adalah untuk membantu para fans untuk menghubungi YouTuber favorit mereka secara real-time, dan juga sebaliknya.

"Kreator bisa melihat semua pesan yang ada dan memprioritaskan fans berat mereka dalam video live," ujar Macdonald.

Super Chat mirip dengan fitur yang ditawarkan oleh Twitch, Cheering, yang memungkinkan penggemar memberikan bayaran dengan memilih ikon tertentu.

Masalah yang ada dengan fitur Super Chat dari YouTube adalah karena troll/orang yang membenci sang YouTuber bisa membayar untuk membuat komentar berisi ujaran kebencian.

Untuk menghadapi masalah itu, Macdonald berkata, tool untuk melakukan moderasi komentar juga akan tersedia untuk para kreator, sehingga mereka bisa memblokir kata-kata tertentu atau penonton yang menganggu.

Namun, unggahan seperti apa yang dianggap mengganggu, tergantung pada keputusan kreator.

Fitur ini dirancang untuk penonton berumur 18 tahun ke atas, dengan kata lain, orang-orang yang sudah dapat memiliki kartu kredit. Namun, anak-anak pun bisa dengan mudah menggunakan akun orangtuanya dan menghabiskan uang dalam jumlah besar.

Untuk sekarang ini, Macdonald mengatakan, pembayaran yang tidak diinginkan bisa digagalkan melalui layanan konsumen milik Google, yang sepertinya punya peraturan ketat terkait "donasi".

Supar Chat versi beta akan diluncurkan hari ini ke beberapa pengguna. Ia akan dapat digunakan oleh lebih banyak orang pada 31 Januari.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.