Apple Luncurkan Buku Katalog Produk, Harganya Rp4 Juta

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 17 Nov 2016 11:37 WIB
apple
Apple Luncurkan Buku Katalog Produk, Harganya Rp4 Juta
Apple meluncurkan buku yang berisi gambar dari produk-produknya.

Metrotvnews.com: Apple meluncurkan sebuah buku yang berjudul Designed by Apple in California. Buku ini berisi 450 foto dari produk-produk yang telah Apple luncurkan selama 20 tahun. Ia akan mulai dijual pada tanggal 16 November.

Apple menyediakan 2 versi dari buku ini. Versi yang lebih kecil memiliki ukuran 10,2 x 12,75 inci dan dihargai USD199 (Rp2,7 juta). Sementara buku yang lebih besar memiliki ukuran 13 x 16,25 inci dengan harga USD299 (Rp4 juta).

The Verge menyebutkan, semua foto yang ada dalam buku dari Apple ini diambil oleh Andrew Zuckerman. Dalam sebuah pernyataan resmi, Chief Designer Offier Apple, Jony Ive berkata, dia berharap buku ini akan menjadi sumber inspirasi untuk semua orang yang sedang mempelajari desain.



Menurut Mashable, banyak orang yang merasa heran dengan keputusan Apple untuk meluncurkan buku yang membanggakan pencapaian mereka. Mereka merasa, Steve Jobs tidak akan melakukan hal ini.

Namun, dalam sebuah wawancara yang ditulis oleh Wallpaper, Ive berkata, mereka pertama kali mempertimbangkan untuk membuat buku ini 8 tahun lalu, yaitu 3 tahun sebelum Jobs meninggal karena kanker pankreas. 



"Banyak produk yang Anda lihat dalam buku ini yang sebenarnya harus kami beli," kata Ive pada Wallpaper. "Ini adalah pengakuan yang agak memalukan, tapi masalah ini bukanlah sesuatu yang kami terlalu perhatikan, jadi kami mulai membuat tempat penyimpanan fisik dari produk-produk kami."

Harus diakui, Apple memang pantas mendapatkan pujian terkait desain yang mereka buat. Namun, penerbitan buku ini menunjukkan kesombongan Apple, sesuatu yang juga terlihat pada peluncuran MacBook Pro baru. 


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.