Facebook Ajak Mantan Eksekutif EA Pimpin Tim Sosial VR

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 12 Oct 2016 16:44 WIB
facebook
Facebook Ajak Mantan Eksekutif EA Pimpin Tim Sosial VR
Facebook menunjuk mantan wakil presiden EA sebagai pemimpin dari tim Facebook Sosial VR.

Metrotvnews.com: Facebook menunjuk Rachel Rubin Franklin sebagai pemimpin dari tim Facebook Sosial VR. Sebelumnya, Franklin merupakan mantan wakil presiden Electronic Arts (EA).

Franklin bertugas memimpin tim pengembangan fitur yang memungkinkan pengguna menjelajah dan memainkan game secara bersama-sama dengan memanfaatkan teknologi VR. Fitur ini juga telah didemonstrasikan oleh Mark Zuckerberg pada minggu lalu.

Sebelum menerima tawaran Facebook, Franklin telah bekerja di EA sejak tahun 2011 dan pernah menduduki beberapa jabatan, seperti produser eksekutif, General Manager, dan Vice President. Selain itu, sebelumnya Franklin juga bekerja di startup gaming cloud bernama OnLive, serta studio game Activision setelah lulus dari Universitas Carnegie Mellon jurusan ilmu komputer dan matematika terapan.

Facebook juga mengungkap, Franklin akan bekerja sama dengan pimpinan Social VR lainnya, termasuk Michael Booth dan Lucy Bradshaw, yang secara virtual muncul di panggung saat Zuckerberg melakukan demonstrasi pada konferensi Oculus Connect 3.

Sementara itu, CTO Facebook, Mike Schroepfer mengungkapkan kegembiraanya terkait dengan kehadiran sejumlah individu yang dinilainya memiliki pengalaman di ranah online, termasuk Franklin. Kolaborasi pengalaman dari individu tersebut akan bermanfaat untuk memperkuat kemampuan Facebook dalam menyuguhkan pengalaman yang lebih baik.

Franklin dan tim barunya tersebut akan ditantang untuk menciptakan produk yang dapat menyuguhkan potensi dari perangkat VR, untuk menghadirkan interaksi sosial lebih pribadi bagi pengguna yang terpisah secara geografis, seperti yang dilaporkan Tech Crunch.

Selain itu, produk yang akan diciptakan Franklin dan tim tersebut juga ditujukan untuk menghadirkan pengalaman penggunaan yang lebih akrab dan menyenangkan, serta lebih mudah diakses untuk 1,71 miliar pengguna Facebook.

Facebook sebelumnya juga memperkenalkan jejaring sosial untuk pengguna profesional, bernama Workplace. Jejaring sosial ini menawarkan fitur-fitur yang biasa Anda temui pada Facebook, serta sejumlah fitur khusus untuk perusahaan.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.