MWC 2018

Impresi Awal ZenFone 5 di MWC 2018

Mohammad Mamduh    •    Rabu, 28 Feb 2018 13:50 WIB
asusmwc 2018zenfone 5
Impresi Awal ZenFone 5 di MWC 2018
ASUS ZenFone 5 meluncur di MWC 2018

Barcelona: ASUS akhirnya mengumumkan rumpun ZenFone 5 teranyar dalam ajang Mobile World Congress 2018. Harus diakui, ini merupakan ponsel dengan desain terbaik yang pernah ASUS ciptakan.

ASUS ZenFone 5 sendiri hadir dalam beberapa varian, yaitu versi standar, ZenFone 5Z, dan ZenFone 5 Lite. Medcom.id berkesempatan menjajal ponsel ini langsung di Barcelona.

Saya cukup terkejut dengan tampilan depan ZenFone 5 dan ZenFone 5Z yang mirip dengan iPhone X. Terbukti dari bagian notch pada sisi atas. Apple sendiri menganggapnya sebagai sebuah kemajuan desain layar, yang memungkinkan tampilan visual lebih luas.

Pastinya ada anggapan bahwa ASUS meniru desain iPhone X. Kenyataannya, anggapan ini tidak sepenuhnya benar.



Konsep notch di sisi atas layar sendiri pertama kali diperkenalkan oleh merek ponsel buatan kreator Android Andy Rubin. Desain ini kemudian diadopsi dan dipopulerkan Apple. “Pasti ada yang merasa kami meniru Apple, padahal Essential adalah yang pertama kali memperkenalkannya,” Global Marketing Head ASUS, Marcel Campos.

“Jika kami dibilang meniru Essential Phone, maka kami setuju.”

Oleh ASUS, desain ini dikembangkan lebih jauh. Mereka menambahkan beberapa fitur tambahan via ZenUI terbaru, yang sebelumnya tidak bisa dilakukan Apple. Hal itu bisa terwujud berkat fleksibilitas Android dan pemasangan sensor baru.

“Beberapa gestur tambahan memanfaatkan notch ini, sehingga tampilan layar tetap proporsional dan tidak mengganggu,” ungkap Campos.

ASUS memang menyematkan teknologi facial recognition untuk keamanan, tetapi mereka tetap menyediakan sensor sidik jari di bodi belakangnya. “Sensor sidik jari tetap menjadi cara yang paling aman dalam mengakses ponsel.”

ASUS ZenFone 5 memang terlihat berbeda dengan generasi sebelumnya, baik dari depan maupun belakang. Bodi berbalut kaca 2,5D membuat ponsel ini enak dilihat dari berbagai sudut, terutama bagian belakang.



Saat melihat dengan cahaya yang cukup terang, akan muncul pantulan sinar yang membuatnya lebih elegan. Pantulan sinar seperti berasal dan sensor sidik jari yang terpasang di sisi tengah. Dengan demikian, ponsel ini cukup indah untuk dilihat dari berbagai sudut.

Namun, desain ini memang ada konsekuensi tersendiri, yaitu mudah kotor karena bekas sidik jari akan menempel. Campos menyebut mereka akan memasang lapisan tambahan untuk versi final yang akan dijual ke pasar nanti.

ASUS ZenFone 5 akan dijual mulai bulan April, dengan harga yang belum diumumkan.


(MMI)

Samsung Galaxy A9, Si Unik Berkamera Empat
Review Smartphone

Samsung Galaxy A9, Si Unik Berkamera Empat

5 days Ago

Samsung mengakhiri tahun 2018 dengan ponsel inovatif dalam hal kamera dengan dukungan empat kam…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.