Maskapai Penerbangan Ini Tawarkan Wi-Fi Gratis untuk Pakai WhatsApp

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 11 Oct 2017 11:11 WIB
internet
Maskapai Penerbangan Ini Tawarkan Wi-Fi Gratis untuk Pakai WhatsApp
Delta Air Lines menawarkan Wi-Fi gratis khusus untuk chatting. (AP Photo/David Goldman, File)

Metrotvnews.com: Delta Air Lines menawarkan Wi-Fi gratis khusus agar penumpangnya bisa menggunakan aplikasi pengirim pesan seperti iMessage, WhatsApp, dan Facebook Messenger. CEO Delta, Ed Bastian mengumumkan hal ini pada akhir September.

"Kami ingin agar penumpang kami tetap terhubung bahkan ketika mereka sedang di udara," kata Bastian. Delta menawarkan layanan Wi-Fi gratis untuk chatting ini melalui Gogo, penyedia internet dalam pesawat yang mereka gunakan. 

Layanan internet gratis khusus chatting ini akan tersedia pada pesawat Delta yang memiliki dua kabin atau lebih. Itu artinya, pesawat lokal yang hanya memiliki 50 tempat duduk tidak akan mendapatkan layanan ini. Para penumpang bisa mengakses layanan ini melalui portal Wi-Fi Delta.

Di sini, penumpang akan mendapatkan pilihan untuk menggunakan layanan Wi-Fi gratis untuk chatting atau untuk membeli layanan Wi-Fi. Juru bicara Delta berkata, mereka memiliki 1.300 pesawat dan hanya 130 pesawat yang tidak dilengkapi dengan Wi-Fi, seperti yang dilaporkan oleh CNNMoney

Gogo adalah penyedia hiburan dan internet di pesawat Delta. Teknologi 2Ku milik Gogo menggunakan satelit. Teknologi ini akan meningkatkan bandwidth yang didapatkan oleh pesawat, memungkinkan penumpang untuk menonton layanan streaming seperti Hulu, HBO Now, YouTube dan lain sebagainya. Sejauh ini, Delta telah memberikan layanan internet berkecepatan tinggi ini pada 200 pesawatnya. 

Penumpang Delta bisa mengirimkan pesan melalui Apple iMessage, Facebook Messenger, dan WhatsApp. Namun, layanan ini hanya bisa digunakan untuk mengirimkan teks. Penumpang tidak bisa mengirimkan video atau gambar. Ketika ditanya apakah Delta kemudian akan menyediakan fitur telepon di dalam pesawat, Bastian menjawab, "Tidak selama saya hidup."


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.