CES 2018

Inilah Prosesor Intel Teranyar, Pakai Kartu Grafis Radeon RX Vega M

Cahyandaru Kuncorojati    •    Senin, 08 Jan 2018 10:16 WIB
ces 2018
Inilah Prosesor Intel Teranyar, Pakai Kartu Grafis Radeon RX Vega M
Desain prosesor Intel Generasi-8 yang hadir satu paket dengan GPU terpisah menggunakan GPU AMD Radeon RX Vega M.

Jakarta: Dalam ajang CES (Consumer Electronics Show) 2018 di Las Vegas, Amerika Serikat, yang dimulai hari ini Intel memperkenalkan salah prosesor terbarunya yakni dengan merilis Prosesor Generasi ke-8 Coffe Lake.

Performa dari proses generasi terbaru ini tentu saja mengalami peningkatan dibandingkan generasi sebelumnya. Namun, inovasi utamanya adalah Intel membawa kartu grafis Radeon RX Vega M.



Dalam konferensi via telepon dengan pihak Intel beberapa hari lalu, disebutkan inovasi Intel tercapai lewat teknologi EMIB (Embedded Multi-Die Interconnect Bridge) yang mendukung fitur HBM2 (High Bandwith Memory). Koneksi yang terjalin jauh lebih cepat, dengan konsumsi tenaga 80 persen lebih rendah dari GDDR5.



Dari segi fisik, EMIB juga membuat ketebalan CPU dan GPU tetap tipis, bahkan lebih tipis dan bisa menyediakan ruang lebih luas lagi pada motherboard. Menurut Intel, ruang tersebut bisa dimanfaatkan OEM untuk mengembangkan komponen lainnya.

Prosesor Intel Generasi ke-8 hadir untuk dua jenis varian yaitu Intel Core-i7 dan Intel Core-i5. Untuk GPU Radeon RX Vega M yang melekat juga tersedia dalam dua varian. Radeon RX Vega M GL dan Radeon RX Vega M HL yang kecepatannya bisa ditambah.



Pihak Intel menjelaskan, kehadiran paket prosesor sekaligus GPU kali ini memang mengejar kemampuan grafis yang maksimal. Dalam presentasinya, target segmen untuk prosesor kali ini adalah segmen gaming, digital content creator, dan konten VR/AR.



Dengan membandingkan desain serta teknologi laptop 3 tahun lalu, Intel menegaskan teknologi prosesor terbarunya yang satu paket dengan Radeon RX Vega akan membuat laptop di tahun ini jauh lebih tipis dengan performa lebih tinggi, tapi konsumsi daya yang rendah sehingga daya tahan baterainya lebih lama.

Dalam ajang CES 2018 disebutkan ada dua merek yang sudah menyiapkan laptop dengan teknologi prosesor Intel Generasi ke-8 yang hari ini diluncurkan, yaitu Dell dan HP.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.