Telkomsel Catat Lonjakan Konsumsi Data di Natal dan Tahun Baru

Cahyandaru Kuncorojati    •    Kamis, 04 Jan 2018 13:19 WIB
telkomseltelekomunikasi
Telkomsel Catat Lonjakan Konsumsi Data di Natal dan Tahun Baru
Seorang petugas sedang bersiaga memastikan performansi layanan di Integrated Operation Center (IOC) Telkomsel.

Jakarta: Operator Telkomsel menuturkan bahwa layanan data mengalami lonjakan ketimbang dua layanan lainnya yaitu suara dan SMS.

Hal ini dijelaskan Telkomsel. Malam Natal 2017, terutama malam Tahun Baru 2017/2018 menjadi momen lonjakan trafik layanan data Telkomsel. Disebutkan trafik layanan data mencapai 10,7 petabyte alias meningkat 42 persen dibandingkan hari biasa.

Dijelaskan Telkomsel kalau di hari normal tahun 2017 trafik layanan data hanya mencapai 7,5 petabyte per hari. Dibandingkan dengan malam Tahun Baru 2016/2017, menurut Telkomsel trafiknya melonjak 151 persen.

“Tingginya peningkatan trafik layanan data antara lain dipicu oleh meningkatnya aktivitas pelanggan yang mengunggah foto atau video aktivitas momen sebelum dan setelah pergantian tahun melalui berbagai aplikasi media sosial," tutur Vice President Corporate Communications Telkomsel Adita Irawati.



"Selain itu, penggunaan smartphone dan komputer tablet untuk melakukan video streaming dan komunikasi melalui aplikasi pesan instan juga meningkat pada periode tersebut," imbuh Adita.

Telkomsel menjabarkan kontribusi tertinggi terhadap trafik layanan data mereka secara umum berasal dari aktivita media sosial yang mencapai 35 persen. Kemudian kontribusi sebesar 31 persen juga berasal dari akses konten film atau video secara streaming

Sementara komunikasi berbasis teks, serta panggilan suara dan panggilan video melalui aplikasi pesan instan memberikan andil sekitar 8 persen terhadap penggunaan layanan data. Untuk layanan SMS dan suara, Telkomsel mengakui menurun dibandingkan hari normal di 2017 dan malam Tahun Baru 2016/2017.

“Pergeseran perilaku pelanggan dalam menggunakan layanan sudah kami prediksi sebelumnya, di mana layanan data kini semakin dominan digunakan pelanggan. Meski demikian, pelanggan di beberapa wilayah masih intensif menggunakan layanan suara dan SMS dalam berkomunikasi selama periode Tahun Baru,” ungkap Adita.

Kawasan operasional Papua dan Maluku menjadi kawasan yang berkontribusi atas lonjakan trafik tertinggi layanan suara yakni 7 persen dibandingkan hari normal. Kawasan Kalimantan berkontribusi terhadap lonjakan trafik layanan SMS tertinggi yaitu 22 persen dibandingkan hari normal.


(MMI)

Lenovo Thinkpad X1 Teranyar Muncul di CES 2018
CES 2018

Lenovo Thinkpad X1 Teranyar Muncul di CES 2018

2 days Ago

Lenovo perkenalkan keluarga baru ThinkPad X1 yang terdiri dari tiga jenis perangkat sekaligus d…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.