Bos AMD: Porsi Lini Cryptocurrency Sangat Kecil di Bisnis Kami

Riandanu Madi Utomo    •    Sabtu, 02 Dec 2017 11:02 WIB
amd
Bos AMD: Porsi Lini Cryptocurrency Sangat Kecil di Bisnis Kami
CEO AMD Lisa Su

Jakarta: 2017 merupakan salah tahun yang berat bagi gamer. Popularitas cryptocurrency yang meroket telah membuat harga berbagai komponen PC termasuk kartu grafis menjadi sangat mahal dan sulit didapatkan.

Komponen tersebut biasanya diborong oleh para penambang cryptocurrency untuk mendulang Bitcoin, Ethereum, dan mata uang digital lainnya. 

Meski sempat diberitakan telah memengaruhi pasar, namun proporsi penggunaan komponen PC di segmen cryptocurrency ternyata tergolong kecil ketimbang yang lain. Hal tersebut diungkapkan oleh CEO AMD Lisa Su dalam wawancara di program CNBC Power Launch.

"AMD ada di berbagai lini mulai dari konsol Microsoft dan Sony, iMac Pro, data center terbesar dunia, serta tentu saja digunakan oleh berbagai penambang cryptocurrency," ujar Su.

"Namun lini cryptocurrency memiliki porsi yang sangat sedikit dibandingkan semua lini bisnis kami. Angkanya hanya satu digit saja."

Meski demikian, Su masih enggan berkomentar mengapa banyak sekali kasus kelangkaan komponen di pasar setelah cryptocurrency menjadi populer. Di sisi lain, Su sendiri sangat mendukung keberadaan cryptocurrency. Menurutnya, teknologi tersebut bakal membawa perubahan dalam dunia transaksi digital.

"Saya melihat teknologi ini sebagai perubahan yang akan memengaruhi kegiatan sehari-hari. Teknologi blockchain yang digunakan di cryptocurrency memiliki peluang untuk mengubah bisnis melalui internet," lanjut Su.

AMD memang merupakan salah satu pihak yang terkena dampak meroketnya popularitas cryptocurrency karena produk komponen PC-nya adalah salah satu yang paling optimal untuk digunakan menambang. Bahkan prediksi beberapa ahli keuangan yang mengatakan cryptocurrency bakal anjlok tahun depan sempat membuat nilai saham AMD turun.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.