Samsung dan Apple Masih Jadi Raja Ponsel Global

Cahyandaru Kuncorojati    •    Jumat, 01 Dec 2017 18:26 WIB
applesamsung
Samsung dan Apple Masih Jadi Raja Ponsel Global
Samsung dan Apple masih menjadi dua merek smartphone yang paling laris di dunia.

Jakarta: Samsung mungkin lengser dari posisi pertama di pasar smartphone India, tapi merek asal Korea Selatan itu tetap unggul di pasar global. Apple sebagai kompetitor smartphone Android juga masih tetap berada menjadi kompetitor Samsung.

Dikutip dari hasil penelitian Gartner yang baru saja dirilis tercatat bahwa pasar smartphone global di kuartal ke-3 tahun 2017 meningkat 3 persen dibandingkan setahun yang lalu, tepatnya kuartal ke-3 2016. Kali ini ada 383 juta unit smartphone yang terjual.

Penaikan angka pasar smartphone tersebut juga dibarengi dengan penaikan bisnis smartphone dari 5 merek besar yang menguasai pangsa pasar global. Samsung masih bertahan di posisi pertama, sama seperti Apple yang berada di posisi 2.

"Penaikan penjualan smartphone Samsung mencapai double digit. Hal ini bisa tercapai karena penjualan seri Samsung Galaxy S8, S8+, dan Note 8 berhasil menarik minat konsumen untuk kembali membeli perangkat Samsung termasuk membuat Samsung bisa bersaing dengan merek-merek Tiongkok," tutur Research Director Gartner Anshul Gupta.


Sumber: Statista

Apple juga menunjukkan pertumbuhan bisnis yang cukup baik meskipun angkanya tidak besar. Gupta menyebutkan bahwa di Tiongkok produk Apple masih diminati meskipun kalah tidak menguasai pangsa pasar yang cukup besar. India sebagai pasar berkembang juga ternyata mendorong penjualan perangkat Apple.

Gartner menyimpulkan keberhasilan Apple di India karena kepopuleran iPhone serta perangkat lama Apple yaitu iPhone 5S yang masih bisa dijumpai di negara tersebut dan sudah dijual dengan harga yang lebih murah ketimbang dahulu.

Data Gartner di kuartal ke-3 tahun 2017 menampilkan Samsung berhasil menjual 85,6 juta unit. Penjualan smartphone mereka meningkat menjadi 22,3 persen dari kuartal ke-3 2016 yang hanya 19,3 persen.

Begitu juga dengan Apple yang berhasil menjual 45,4 juta unit smartphone. Penjualan mereka meningkat dari hanya 11,6 persen di kuartal ke-3 2016 menjadi 11,9 persen di kuartal ke-3 2017.
Dibelakang Samsung dan Apple secara berturut-turut ada Huawei, Oppo, dan Xiaomi.

Diprediksi kuartal selanjutnya penjualan unit iPhone akan meningkat, karena iPhone X sudah rilis di banyak negara. Kita akan melihat apakah Huawei mampu menyalip Apple karena merek tersebut mengklaim mampu menghadirkan teknologi setara iPhone X.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.