Facebook Pegang Lisensi Tiga Label Musik Besar, Siapa Saja?

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 12 Mar 2018 13:13 WIB
facebook
Facebook Pegang Lisensi Tiga Label Musik Besar, Siapa Saja?
Facebook telah mendapatkan lisensi musisi dan penulis lagu dari tiga label musik untuk platformnya.

Jakarta: Facebook telah mendapatkan lisensi dari label musik utama, guna mendukung inisiatif terkait penggunaan musik berlisensi pada video yang digunaka di Facebook, Facebook Messenger, Instagram, dan Oculus.

Warner Music Group mengumumkan telah mencapai kesepakatan dengan Facebook untuk menambahkan seniman yang dinaunginya ke daftar lisensi musik milik facebook. Sebelumnya, label Universal Music Group dan Sony / ATV Music Publishing telah terlebih dahulu mencapai kesepakatan.

Sebagai bagian dari kesepakatan tersebut, musisi dan penulis lagu yang dinaungi Warner akan memperoleh royalti dari video yang diciptakan oleh penggemar, dan menggunakan lagu yang mereka ciptakan atau populerkan.

Hal ini menguntungkan pengguna Facebook atau Instagram, sebab memungkinkan mereka menghindari video berisi bagian lagu berlisensi dihapus secara otomatis dari platform akibat pelanggaran hak cipta.

Selain itu, kesepakatan ini juga dinilai akan mendorong lebih banyak pengguna untuk menciptakan dan berbagi karya mereka di platform, hal yang menjadi fokus Facebook selama beberapa bulan terakhir.

Telah mencapai kesepakatan dengan tiga label, Facebook masih memiliki pekerjaan rumah untuk menyelesaikan kesepakatan dengan label musik lainnya.

Saat ini, Facebook dilaporkan tengah berdiskusi untuk menyelesaikan kesepakatannya dengan Merlin, agar dapat menambahkan seniman lain pada daftar musisi berlisensi miliknya. Diskusi tersebut telah mencapai perkembangan baik dalam kurun waktu beberapa bulan.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.