Rilis Minggu Depan, Firefox Quantum Janjikan Performa Lebih Cepat

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 07 Nov 2017 19:13 WIB
mozilla firefox
Rilis Minggu Depan, Firefox Quantum Janjikan Performa Lebih Cepat
Director of Product Management for Core Browsers, Jeff Griffths. (MTVN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mozilla akan meluncurkan FIrefox Quantum minggu depan. Satu hal yang Mozilla janjikan dari versi terbaru perambannya ini adalah kecepatan yang 2 kali lebih cepat dari versi Firefox 6 bulan sebelumnya.

Selain itu, Mozilla menyebutkan, peramban terbarunya ini juga akan bisa menyeimbangkan penggunaan memori, sehingga memori yang digunakan 30 persen lebih rendah jika dibandingkan dengan Chrome. 

Dalam presentasi yang diadakan di Fairmont Hotel, Director of Product Management for Core Browsers, Jeff Griffths mengaku bahwa selama ini, Firefox tidak secepat Chrome. "Kami perlu mengejar ketertinggalan kami. Dan inilah peran Quantum," kata Griffiths. 

Selain penggunaan engine baru, Firefox Quantum juga akan menggunakan antarmuka baru. "Kami juga menawarkan perlindungan dari pelacakan, sehingga pengguna tidak akan menjadi target iklan," ujarnya. Perlindungan dari tracking juga membuat peramban menjadi lebih cepat. 

Dulu, situs memiliki tampilan yang sederhana, tidak banyak kode aktif di dalamnya. Karena itu, peramban dibuat agar ia bisa memproses semua halaman situs yang Anda akses dalam satu proses. Tujuannya untuk mengurangi penggunaan sumber daya (resource) komputer.

Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, konten internet pun menjadi semakin beragam. Karena itulah, sekarang, ini peramban biasanya menggunakan arsitektur multiproses. Tujuannya, adalah untuk meningkatkan performa. 

Pada Chrome, semakin banyak situs/tab yang dibuka, maka semakin banyak pula proses yang berjalan, yang berarti semakin besar memori komputer yang digunakan. Jika memori yang diperlukan melebihi memori yang tersedia pada komputer, maka akan terjadi penurunan performa. Karena itulah, Mozilla memutuskan untuk membatasi proses yang terjadi dalam Firefox. 

"Kami membatasi jumlah proses. Kami menguji Quantum pada laptop yang relatif tidak terlau canggih, karena itulah yang akan pengguna gunakan. Berdasarkan dari itu, kami memutuskan untuk membatasi jumlah proses untuk mengoptimalkan performa peramban," kata Griffiths.

"Fitur penting lainnya, yang membedakan Firefox dari peramban lainnya adalah keamanan dan privasi," ujarnya. Dia menjelaskan, Firefox memiliki Private Browsing, yang tidak akan merekam jejak situs yang pengguna kunjungi sama sekali. 


(MMI)

Penggemar Sejati Final Fantasy Boleh Main Dissidia Final Fantasy NT
Review Game

Penggemar Sejati Final Fantasy Boleh Main Dissidia Final Fantasy NT

13 hours Ago

Dissida Final Fantasy NT merupakan game sekaligus fan service bagi penggemar dan pengikut setia…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.