Arab Saudi Tangkap Salah Satu Investor Ternama di Dunia Teknologi

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 06 Nov 2017 19:13 WIB
teknologiarab saudistartup
Arab Saudi Tangkap Salah Satu Investor Ternama di Dunia Teknologi
Pangeran al-Waleed bin Talal (Anadolu Agency via Getty Images)

Metrotvnews.com: Arab Saudi sedang sibuk berbenah-benah, menangkapi orang-orang yang diduga terlibat korupsi.

Salah satu orang yang mereka tangkap adalah seorang investor penting di dunia teknologi: Pangeran al-Waleed bin Talal. Sang pangeran ditangkap atas tuduhan pencucian uang. 

Dia menguasai mayoritas saham di penyedia TV satelit dan beberapa tahun belakangan, dan dikenal sebagai salah satu investor terbesar yang menanamkan saham di perusahaan-perusahaan teknologi raksasa, seperti Apple dan Lyft.

Dia juga memegang peran penting dalam Twitter. Pada 2011, dia mengucurkan USD300 juta pada media sosial tersebut. Hasilnya, besar sahamnya di Twitter hanya dikalahkan oleh co-founder Ev Williams. Bahkan saham CEO Jack Dorsey masih lebih sedikit dari sang pangeran, lapor Engadget.

Masih belum diketahui apakah tuduhan ini benar atau tidak. Tuduhan tersebut muncul hanya beberapa jam setelah Arab Saudi membentuk badan anti-korupsi yang dipimpin oleh Pangeran Mahkota Mohammed bin Salman, yang ingin melakukan konsolidasi sebelum sang ayah, Raja Salman, turun dari tahta. Ayah Pangeran al-Waleed melawan usaha Pangeran Mohammed untuk mendapatkan kekuasaan. 

Korupsi memang bukan masalah baru, tapi Arab Saudi ingin menghilangkan korupsi sebanyak mungkin seiring dengan usahanya untuk melakukan reformasi untuk mengurangi ketergantungan mereka atas minyak pada 2030. Karena itulah, Arab Saudi telah melakukan investasi besar dalam teknologi, termasuk Uber. 

Penangkapan ini akan memiliki dampak signifikan dalam dunia teknologi. Memang, dana yang sudah Pangeran al-Waleed kucurkan tidak akan menghilang, tapi jika dia dipenjara, maka dia tidak akan bisa memberikan dana lain. Itu artinya, sumber dana dunia teknologi akan berkurang. Para startup harus berjuang lebih keras untuk memastikan bahwa mereka bisa bertahan.


(MMI)

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie
Review Smartphone

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie

1 day Ago

Vivo V7 Plus kembali mengunggulkan kemampuan kamera depan, yang diklaim mampu memanjakan penggu…

BERITA LAINNYA
Video /