#UninstallTraveloka Akibat Masyarakat Kurang Waspada Hoaks

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 15 Nov 2017 11:20 WIB
startup
#UninstallTraveloka Akibat Masyarakat Kurang Waspada Hoaks
Warganet sempat heboh soal uninstall Traveloka. (MTVN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kemarin #UninstallTraveloka sempat menjadi trending topic di Twitter.

Alasannya, salah satu pendiri Traveloka, Derianto Kusuma, disebutkan menyalami Ananda Sukarlan yang melakukan walk out ketika Gubernur Jakarta Anies Baswedan berpidato dalam acara 90 tahun hari jadinya Kolase Kanisius. Hal itu dianggap sebagai hinaan pada Anies. 

Melalui pesan tertulis, PR Manager Traveloka Busyra Oryza menjelaskan bahwa Derianto memang menerima penghargaan dari Alumni Kanisius, tapi dia tidak hadir dalam acara tersebut karena harus melakukan perjalanan dinas. 

"Kami turut berbangga bahwa salah satu pendiri kami Bapak Derianto Kusuma menerima penghargaan dari Alumni Kanisius. Akan tetapi beliau berhalangan hadir dikarenakan beliau sedang melakukan perjalanan dinas yang telah direncanakan beberapa bulan sebelumnya," tulis Busyra.

Dia juga menjelaskan bahwa Traveloka "mengedepankan nilai-nilai saling menghargai, bertoleransi dan berinovasi."

Ramainya tagar #UninstallTraveloka bisa dihindari seandainya warganet tidak tergesa-gesa membuat asumsi bahwa Derianto mendukung tindakan walk out Ananda yang dianggap sebagai pelecahan pada Anies.

Ini membuktikan bahwa siapapun, bahkan startup sekalipun, bisa menjadi korban dari kesalahan informasi atau hoax.


Foto: Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya

Guru Besar Sejarah dan Peradaban Islam Fakultas Adab UIN Syarif Hidayatullah Azyumardi Azra menghimbau masyarakat untuk lebih hati-hati ketika menerima informasi.

Karena hoax dan adu domba bisa menghancurkan peradaban. Sebenarnya, perusahaan besar seperti Google dan Facebook pun terus memerangi hoaks. Ada juga perusahaan yang melakukan edukasi pada masyarakat agar tidak mudah tertipu oleh hoaks.

Traveloka merupakan startup yang menyediakan portal perjalanan online. Traveloka didirikan pada 2012. Sejak saat itu, Traveloka telah meluaskan jangkauannya ke 5 negara lain selain Indonesia. Kelima negara tersebut adalah Thailand, Malaysia, Singapura, Vietnam dan Filipina. 

Per akhir Juli lalu, Traveloka juga menjadi salah satu startup penyandang gelar Unicorn, yaitu startup yang memiliki valuasi lebih dari USD1 miliar (Rp13,3 triliun). Ketika itu, Traveloka mendapatkan kuncuran dana sebesar USD350 juta (Rp4,7 triliun) dari Expedia, perusahaan travel asal Amerika Serikat.

Selain mendapatkan kucuran dana, Traveloka juga bekerja sama dengan Expedia untuk menyediakan akomodasi hotel Internasional di luar Asia ke platform miliknya. 


(MMI)

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie
Review Smartphone

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie

11 hours Ago

Vivo V7 Plus kembali mengunggulkan kemampuan kamera depan, yang diklaim mampu memanjakan penggu…

BERITA LAINNYA
Video /