Lensa Baru Snapchat untuk iPhone X Lebih Bagus?

Lufthi Anggraeni    •    Sabtu, 07 Apr 2018 12:29 WIB
snapchat
Lensa Baru Snapchat untuk iPhone X Lebih Bagus?
Snapchat resmi menggulirkan Lenses baru memanfaatkan kemampuan pelacakan wajah iPhone X.

Jakarta: Setelah mengumumkan lensa sangat realistik, yang dirancang untuk iPhone X dan perangkat berkamera depan yang mengusung kemampuan melacak wajah dengan tingkat akurasi tinggi, kini Snapchat resmi menggulirkan fitur tersebut.

Snapchat membutuhkan waktu beberapa bulan untuk mempersiapkan fitur tersebut, dan berbekal kemampuan melacak wajah secara mendetil dan lebih alami.

Topeng baru yang dihadirkan Snapchat pada lensa tersebut termasuk topeng Mardi Gras, cat wajah Day of the Dead dengan hiasan kepala yang sesuai, serta topeng mata ala masquerade.

Lensa Snapchat tradisional menggunakan informasi kamera depan 2D untuk mengenali fitur wajah utama, seperti alis dan mulut. Sementara lensa baru dan lebih realitis memanfaatkan data dari kamera TrueDepth iPhone X untuk menghadirkan tampilan topeng yang baik.

Informasi kedalaman memungkinkan topeng tersebut untuk mengikuti garis wajah subyek secara lebih presisi. Apple menjelaskan bahwa kamera TrueDepth memancarkan cahaya inframerah dan memetakan 30.000 titik pada wajah pengguna untuk mendapatkan informasi lebih detil.

Kemampuan tersebut memungkinkan topeng untuk melacak wajah dan setiap pergerakan kecil yang terjadi di wajah. Topeng ini juga akan bereaksi dengan pencahayaan di sekitar, dengan bayangan dan highlight yang mengikuti garis wajah dan sekitarnya.

Sementara itu untuk aspek provasi, Apple menyebut bahwa pengembang pihak ketiga serupa Snapchat hanya untuk mengakses data pemetaan wajah visual dan bukan model matematikal yang digunakan untuk fitur pembuka kunci Face ID.

Namun, memiliki data visual secara lengkap dinilai sebagai informasi yang besar, dan Apple menyebut telah melarang penggunaan data ini sebagai landasan terkait dengan periklanan bertarget.

Sebelumnya, Snapchat memanfaatkan momen April Mop kemarin untuk meledek saingan beratnya, Facebook. Tahun ini, Snapchat membuat filter yang menunjukkan seolah-olah Anda mengunggah foto ke Facebook. Hanya saja, bagian Anda "mengunggah gambar profil" tertulis dalam Kiril -- alfabet Rusia.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.