Instagram Punya Dua Fitur Belanja Online Baru

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 18 Sep 2018 10:46 WIB
media sosialinstagram
Instagram Punya Dua Fitur Belanja Online Baru
Instagram kini semakin fokus pada fitur belanja.

Jakarta: Instagram baru saja mengumumkan dua fitur baru yang akan memperbesar bisnis e-commerce mereka.

Kini, para pedagang akan bisa membuat Stories dengan tautan langsung untuk membeli sebuah produk. Fitur ini mulai diuji pada Juni dan akan diluncurkan secara global dalam waktu dekat. Selain itu, tab Explore dari Instagram kini juga memiliki kanal belanja khusus. 

Update ini berarti para penjual dan perusahaan akan punya cara baru untuk menjual produk mereka ke konsumen.

Berbeda dengan iklan pada Stories -- perusahaan harus membayar untuk iklan ini -- fitur baru ini memungkinkan perusahaan memasang tautan ke produk tertentu, memudahkan pengguna Instagram untuk berbelanja.

Menurut Mashable, fitur ini pada awalnya hanya tersedia untuk beberapa rekan Instagram. Namun, kini fitur tersebut telah tersedia di 46 negara. Instagram juga membuat kanal belanja khusus di tab Explore. Tab ini akan menampilkan produk berdasarkan ketertarikan Anda. 



Update ini menunjukkan keseriusan Instagram dalam menggarap bisnis belanja online. Memang, kini, bisnis itu menjadi semakin penting bagi Instagram. Walau sekarang masih belum diketahui potensi e-commerce bagi Instagram, terlihat jelas bahwa perusahaan di bawah Facebook itu menganggapnya sebagai kesempatan besar. 

Pada laporan keuangan terakhir Facebook, COO Sheryl Sandberg mengatakan bahwa Instagram memiliki lebih dari 25 juta profil bisnis.

Angka ini kemungkinan akan terus naik dengan semakin banyaknya fitur yang mendukung jual-beli online. Menurut laporan The Verge, Instagram bahkan mungkin akan membuat aplikasi belanja khusus

Instagram telah menjadi salah satu platform paling penting bagi UKM (Usaha Kecil Menengah) untuk menjalin komunikasi langsung dengan pelanggannya. Tidak heran jika Instagram kini mulai fokus untuk mengembangkan fitur pendukung untuk e-commerce.

Bagi Instagram, mengembangkan fitur e-commerce tidak hanya berarti mereka akan mendapatkan pendapatan ekstra dari iklan. Ini akan mendorong perusahaan untuk terus aktif menggunakan akun Instagram mereka. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.