Ada Paten Baru Soal Speaker Samsung Bixby

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 14 Jun 2018 14:14 WIB
samsung
Ada Paten Baru Soal Speaker Samsung Bixby
Informasi berupa paten untuk speaker cerdas Samsung beredar, menampilkan dukungan kamera dan layar sentuh.

Jakarta: Samsung dilaporkan tengah mengembangkan speaker cerdas dengan dukungan asisten virtual karyanya, Bixby. Informasi bocoran berupa paten yang baru-baru ini beredar mengindikasikan rencana Samsung terkait dengan perangkat ini.

Paten tersebut didaftarkan Samsung pada bulan November tahun lalu di Amerika Serikat, menggambarkan speaker lingkaran yang mampu berputar dengan arah 360 derajat. Selain itu, alat ini juga dibekali dengan tujuh mikrofon, kamera dan layar.

Produk tersebut juga digambarkan terdiri dari dua bagian, yaitu bagian bawah yang bertindak sebagai penyangga atau dudukan, dan bagian atas memiliki kemampuan untuk berputar dan berbekal layout mikrofon untuk dapat meningkatkan kecepatan dalam mengenali suara.

Sementara itu, kapanpun pengguna berbicara, speaker cerdas akan secara otomatis menyesuaikan posisinya sehingga mikrofon yang membekalinya akan menghadap ke arah datangnya suara, dan dapat mendengarkan secara seksama. 

Setelah lokasi suara dideteksi, speaker Bixby akan memanfaatkan kamera terintegrasi pada perangkat untuk mendeteksi wajah pengguna. Jika pengguna sesuai dengan profil yang tersimpan di speaker, perangkat akan secara otomatis mengenali mereka sebagai sumber suara.

Selain itu, bagian atas speaker Bixby ini juga berbekal layar kecil dilengkapi kemampuan sentuh yang dapat dimanfaatkan untuk menampilkan teks, foto, atau video dan mengenali berbagai gestur.

Layar pada speaker ini juga disebut akan mendukung input via S Pen, kemampuan yang dimiliki oleh smartphone Samsung Galaxy Note.

Hingga saat ini, Samsung belum mengonfirmasi waktu peluncuran speaker cerdas pertamanya ini. Namun sejumlah pihak memprediksi bahwa speaker ini akan secara resmi dipamerkan pada acara pengumuman Galaxy Note 9 dan smartwatch Gear S4 yang akan dihelat di New York pada 9 Agustus mendatang.

Sebagai alternaltif, perusahaan asal Korea Selatan ini juga diperkirakan akan mengungkapkan produk barunya ini di ajang IFA 2018 pada awal bulan September mendatang, bersamaan pengumuman resmi untuk Galaxy Tab S4.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.