Amazon Kembangkan Robot untuk Alexa?

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 24 Apr 2018 08:48 WIB
amazonrobot
Amazon Kembangkan Robot untuk Alexa?
Amazon dikabarkan sedang membuat robot.

Jakarta: Amazon dikabarkan sedang mengembangkan robot untuk digunakan di rumah. Proyek yang memiliki nama kode Vesta ini dikembangkan di Lab126, pusat R&D hardware Amazon yang sudah mengembangkan Kindle, Fire Phone dan Echo. 

Saat ini, masih belum ada informasi pasti seperti apa tampilan robot Amazon ini atau apa fungsi dari robot tersebut. Namun, Bloomberg menyebutkan, robot itu bisa menjadi "Alexa mobile" -- dan akan mengikuti pengguna di rumah sehingga pengguna akan bisa menggunakan Alexa di mana saja. 

Robot prototipe yang dibangun oleh Amazon dikabarkan dilengkapi dengan software computer vision dan kamera untuk navigasi.

Amazon dikabarkan akan memberikan robot tersebut ke rumah karyawan pada akhir tahun ini. Sementara prototipe robot tersebut akan bisa diuji oleh masyarakat umum paling cepat pada awal 2019. 

Mengingat tidak banyak informasi yang ada tentang robot yang dibangun oleh Amazon ini, sulit untuk menentukan alasan mereka untuk membangun robot tersebut.

Satu hal yang pasti, robot ini bukanlah robot pembantu yang bisa melakukan berbagai tugas rumah tangga. Saat ini, teknologi untuk mengembangkan robot seperti itu belum ada. Sekarang, robot rumah mengacu pada asisten virtual yang ditanamkan pada sebuah casing yang bisa bergerak.

Meskipun begitu, Alexa mobile bisa sangat berguna, baik untuk Amazon atau pengguna. Jika Alexa memiliki bodi yang bisa bergerak, memungkinkannya untuk mengambil informasi ruang, Alexa bisa berfungsi dengan lebih baik. 


(MMI)

Video /