Ambisi Juarai Pasar Indonesia, MSI Tetap Percaya Jalur Offline

Cahyandaru Kuncorojati    •    Rabu, 08 Aug 2018 14:36 WIB
msi
Ambisi Juarai Pasar Indonesia, MSI Tetap Percaya Jalur Offline
Toko terbaru MSI Store di Mangga Dua Mall, Jakarta.

Jakarta: Tren gaming di Indonesia membuat perangkat seperti laptop gaming yang harganya masih tergolong mahal tetap menjadi buruan.

MSI salah satu pemain perangkat gaming PC dan laptop mengakui hal tersebut. Dalam hal berjualan, mereka masih meyakini bahwa penjualan laptop gaming lewat jalur offline, meskipun kini semakin banyak e-commerce.

"Saya lihat e-commerce atau jalur online di Indonesia semakin banyak yang menawakan laptop. Vendor laptop juga semakin percaya diri memanfaatkan layanan tersebut. MSI masih meyakini bahwa penjualan offline tetap penting," ungkap Marketing Manager Notebook MSI Indonesia Stanley Lin.

Lin yang dijumpai dalam pembukaan toko terbaru MSI Store bersama Jena Computerindo di Mangga Dua Mall, Jakarta, meyakini konsumen di Indonesia juga lebih menyukai hal ini.

"Mereka ingin mengenal terlebih dahulu produk-produk, kemudian baru membelinya. Di jalur offline seperti toko ini, mereka bisa bertanya banyak dan memahami lebih dalam apa yang bisa ditawarkan MSI dan tidak didapatkan di merek lain," jelasnya.

Lin mengungkapkan bahwa saat ini MSI menduduki peringkat kedua di market share laptop gaming Indonesia. Sementara yang seperti sudah diketahui bahwa ASUS ROG masih mendominasi pasar laptop gaming Tanah Air.

"Saat konsumen membeli laptop gaming, menurut kami semua spesifikasi yang ada di pasar tidak berbeda jauh. Tapi konsumen mempertimbangkan brand sebagai salah satu alasan membeli," tutur Lin.

Menurutnya, toko ritel atau jalur offline tidak hanya sebagai jualan, tapi memperkenalkan merek agar lebih dekat dengan konsumen. Lin tidak memungkiri bahwa MSI juga eksis hadir di forum online untuk berkomunikasi dengan konsumen.

Dari sisi produk, Lin menjelaskan MSI terus menyediakan ragam produk laptop gaming dengan harga terjangkau sampai dengan spesifikasi yang paling tinggi demi merangkul hati konsumen.

Lin menyatakan bahwa sejauh ini MSI sudah memiliki enam toko, dengan tiga toko di antaranya tersebar di Jakarta. Mereka berencana membuka lebih banyak toko, dan dalam waktu dekat di Yogyakarta.


(MMI)

Vivo V11 Pro, Berani Kasih Spesifikasi Sesuai Harga
Review Gadget

Vivo V11 Pro, Berani Kasih Spesifikasi Sesuai Harga

5 hours Ago

Vivo V11 Pro sebagai smartphone segmen menengah memberikan RAM 6GB dan kamera depan 24MP.…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.