LAPAN Berikan Citra Satelit Resolusi Tinggi ke BNPB

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 01 Oct 2018 11:56 WIB
satelitlapan
LAPAN Berikan Citra Satelit Resolusi Tinggi ke BNPB
Kerusakan akibat gempa dan tsunami di Kota Palu. (MI/Susanto)

Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggunakan citra satelit resolusi tinggi yang diberikan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) untuk menyisir titik-titik terparah yang terdampak gempa 7,4 Skala Richter dan tsunami di Kota Palu dan Donggala. 

Kepala LAPAN, Thomas Djamaluddin juga mengatakan bahwa LAPAN akan terus memperbarui titik-titik yang terdampak bencana di Sulawesi Tengah menggunakan citra satelit, seperti yang dikutip dari Antara. Jika Anda ingin melihat citra satelit dari LAPAN, Anda bisa langsung mengaksesnya di sini

Sementara itu, Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, korban sulit dijangkau oleh tim SAR (Search and Rescue) karena rusaknya jalan akibat bencana gempa dan tsunami ini.

Selain itu, ketiadaan layanan telekomunikasi juga membuat usaha untuk menyelamatkan korban dan memetakan dampak bencana menjadi lebih sulit. 

Di sinilah LAPAN bisa membantu. Mereka dapat memberikan citra satelit resolusi tinggi untuk memudahkan tim SAR menganalisa wilayah Donggala dan Kota Palu. Dengan begitu, tim SAR akan bisa melakukan evakuasi dan menyalurkan bantuan dengan lebih cepat. 

"Harapannya pihak internasional bisa mengirimkan citra satelit resolusi tinggi juga untuk bahan analisis kita supaya tahu di mana saja yang terdampak. Mudah-mudahan ada satelit yang melintas di atas Kota Palu, kami butuh citra satelit sedetil mungkin, hitungan centimeter sehingga obyek-obyek di darat dapat difoto jelas," katanya. 

Ini beberapa gambar yang didapatkan LAPAN. 

RUNUP GEMPA PALU DONGGALA rilis2 kotak 1



RUNUP GEMPA PALU DONGGALA rilis2 kotak 2



RUNUP GEMPA PALU DONGGALA rilis2 kotak 3




(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.