Microsoft Ingin Sembuhkan Kanker Pakai AI

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 21 Sep 2016 14:21 WIB
microsoft
Microsoft Ingin Sembuhkan Kanker Pakai AI
Microsoft ingin dapat menyembuhkan kanker dengan bantuan AI. (Wikimedia)

Metrotvnews.com: Kanker serupa sebuah virus komputer yang dapat diatasi dengan memecahkan kodenya.

Setidaknya begitulah pendapat Microsoft. Perusahaan pembuat software itu berkata, para penelitinya kini sedang berusaha untuk menggunakan AI (Artificial Intelligence) untuk menyerang sel kanker.

Microsoft memiliki beberapa proyek dalam programnya di industri kesehatan. Salah satunya adalah menggunakan pemprosesan bahasa natural dan pembelajaran mesin untuk membantu para peneliti menemukan cara yang efektif untuk menyembuhkan kanker pada pasien dengan menyisir semua data yang tersedia.

Menurut TechCrunch, IBM juga sedang melakukan hal serupa di bawah program bernama Watson Oncology, yang akan menganalisa informasi kesehatan pasien dan membandingkannya dengan data riset.

Program kesehatan dari Microsoft lainnya adalah menggunakan computer vision di radiologi untuk mengetahui perkembangan tumor dari waktu ke waktu. Proyek lainnya adalah proyek ambisius Microsoft untuk melakukan pemprograman biologi layaknya pemprograman komputer.

Dalam proyek itu, para peneliti ingin menemukan cara untuk memprogram ulang sel manusia untuk menyembuhkan sesuatu yang tidak bisa dihadapi oleh sistem kekebalan kita.

Microsoft berkata, investasi mereka di komputasi cloud akan mendukung program-program kesehatan baru mereka. Selain itu, perusahaan yang bermarkas di Redmond ini juga berkata, mereka akan terus melakukan investasi untuk mengembangkan berbagai tool kesehatan untuk para konsumen.

"Jika komputer di masa depan tidak hanya terbuat dari silikon tapi juga terbuat dari materi hidup, kita harus mengerti apa arti dari melakukan pemprograman di komputer tersebut," kata eksekutif Microsoft, Jeanette M. Wing.

Dengan begitu banyaknya data riset yang ada, ada lebih dari satu perusahaan teknologi yang berusaha untuk masuk ke industri kesehatan, seperti untukuntuk menemukan obat kanker. Kunci dari menyembuhkan kanker dipercaya dapat ditemukan di teknologi cloud dan big data.


(MMI)

Video /